Dewan Soroti Tenaga Kesehatan di Desa

IST/BERITA SAMPIT- Tuti Marheni

PURUK CAHU- Dalam rangka mendukung program Murung Raya (Mura) Sehat, maka harus didukung pula dengan tenaga kesehatan yang ada di setiap desa. Serta layanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh wilayah harus semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Mura, Tuti Marheni meminta agar pelayanan kesehatan terlaksana dengan baik di seluruh desa hingga pelosok desa yang ada di kabupaten tersebut, perihal ini dimaksudkan agar setiap petugas kesehatan seperti bidan dan perawat yang ditugaskan lebih banyak berada di desa tempatnya bertugas.

BACA JUGA:   Rahmanto Dorong Pemerintah Kaji Penyebab Banjir

“Sektor kesehatan ini saya rasa sangat penting. Jangan sampai ada desa yang tidak ada tenaga kesehatan. Terlebih lagi bidan,” ungkap Politikus NasDem ini, Selasa 20 Oktober 2020.

Tuti juga mengungkapkan, bahwa setiap sebaran petugas kesehatan seperti bidan dan perawat juga harus tersedia pada setiap desa sedangkan untuk dokter sendiri setidaknya ada pada setiap Kecamatan.

“Keberadaan tenaga persalinan atau bidan dinilai sangat penting bagi masyarakat. Pasalnya keselamatan ibu dan anak saat masa hamil menjadi prioritas mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Legislator Ini Minta Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat

Ketika disinggung persoalan adanya sejumlah desa yang masih kekurangan tenaga kesehatan seperti perawat yang bertugas di Puskesmas ataupun di Pustu. Dirinya menyayangkan hal tersebut, dan meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Mura dapat menyikapi persoalan ini.

“Meski bukan tidak semua desa Dapil saya. Tapi saya yang mewakili masyarakat Mura meminta sebaran tenaga kesehatan diperhatikan. Keselamatan ibu dan anak menjadi prioritas penting bagi generasi yang akan datang,” tutup Tuti Marheni.

(Lulus/beritasampit.co.id)