Kemenhub Bahas Akses Transportasi Food Estate di Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Suasana Rapat Terbatas Kemenhub Dengan Forkopimda

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalteng menyambut kunjungan kerja dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan ke Provinsi Kalteng didampingi Ketua Komisi V DPR RI Lasarus.

Menteri Perhubungan beserta rombongan lepas landas menuju Bandara Tjilik Riwut menggunakan Pesawat Batik Air ID-6200. Tiba di Bandara Tjilik Riwut sekitar Pukul 08.10 WIB, Selasa 20 Oktober 2020.

Kunker Menteri Perhubungan ke Provinsi Kalteng dalam rangka peninjauan sarana dan prasarana transportasi. Setibanya di Bandara Tjilik Riwut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan rapat terkait Bandara dan Food Estate di Ruang VIP Room Bandara Tjilik Riwut.

Peserta rapat diantaranya Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait serta para tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Seruyan Terima Kunjungan Kapolres Seruyan

“Kami siap untuk mendukung Lumbung Pangan Nasional (Food Estate) di Provinsi Kalteng yang direncanakan untuk Tahun 2020 di Kabupaten Pulang Pisau 10.000 Ha dan Kabupaten Kapuas 20.000 Ha,” kata Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya.

Food estate merupakan program kedepan oleh pemerintah untuk memperkuat cadangan pangan Nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri. Konsep pengembangan Food Estate di kalteng diantaranya cluster berbasis korporasi petani, supporting system, proses budidaya meliputi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan, proses hilirisasi serta distribusi logistik.

Komitmen Kementerian Perhubungan Dalam Upaya Pemenuhan Ketahanan Pangan Nasional diantaranya melakukan optimalisasi dalam memastikan konektivitas akses dari lokasi asal produk industri hingga ke lokasi simpul terdekat serta menjamin kelancaran distribusi logistik pangan dan produk lokal agar dapat tersebar ke seluruh daerah di Indonesia. Dalam rapat juga bahas, untuk Tahun 2021 diprogramkan Studi Pengembangan Transportasi Udara dalam Mendukung Kawasan Food Estate di Kalteng.

BACA JUGA:   Komposisi dan Volume Akhir APBD Kota Palangka Raya 2020/2021 Mengalami Perubahan

Ditempat yang sama Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo menerangkan, jika pihaknya selama ini terus berkoordinasi kepada seluruh instansi terkait guna membahas sejumlah program yang ditetapkan pemerintah.

“Jadi walaupun ditengah masa pandemi Covid-19, kami dari Polda Kalteng akan terus mengawal agenda penting terkait kemaslahatan bersama. Diantaranya tentang Bandara Tjilik Riwut itu sendiri dan food estate,” jelasnya.

Dengan dilakukannya rapat terbatas tersebut, lanjut Dedi, diharapkan dapat mendorong roda perekonomian yang sempat terpuruk karena terdampak pandemi Covid-19.

(Hardi/Beritaaampit.co.id)