TMMD Reguler ke-109 Difilmkan

SAMPIT – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah didokumentasikan menjadi sebuah film pendek dokumenter.

Untuk mewujudkan itu, Kodim 1015/Spt menggandeng sekelompok anak muda yang tergabung dalam GUM Project. Mereka adalah anak muda yang mempunyai kemampuan mumpuni dan sudah berpengalaman menggarap pembuatan film dokumenter.

Fredy, anggota tim dokumenter GUM Project mengatakan, pembuatan film pendek dokumenter ini membawa banyak manfaat. Selain sebagai dokumentasi kegiatan, film pendek ini juga menjadi sarana sosialisasi, promosi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang kegiatan TMMD Reguler ke-109.

“Melalui film pendek dokumenter ini masyarakat bisa melihat apa saja dan bagaimana kegiatan dalam TMMD itu karena mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya,” kata Fredy di Sampit.

Film pendek ini akan menggambarkan tentang suasana persiapan, pelaksanaan serta hasil kegiatan TMMD. Gambaran suasana tahapan dan rangkaian kegiatan sasaran fisik dan nonfisik juga tidak ketinggalan ditampilkan dalam film ini.

Melalui film pendek ini, masyarakat juga dapat melihat bagaimana disiplin, kekompakan serta kerja keras prajurit TNI dalam melaksanakan kegiatan. Begitu pula kebersamaan sebagai wujud Kemanunggalan TNI dan rakyat juga akan menjadi sajian dalam film pendek ini.

Banyak hal menarik dan penuh makna yang disajikan dalam film pendek dokumenter ini. Masyarakat yang menonton akan disuguhi edukasi yang sangat berharga tentang TMMD dan pelajaran-pelajaran moral yang sangat bermanfaat.

Masyarakat disuguhi visualisasi manfaat TMMD dalam membantu pembangunan infrastruktur desa-desa terpencil. Kegigihan semua pihak dalam membangun desa sebagai ujung tombak sebuah negara, juga tergambar dalam film tersebut.

“Dalam pembuatan film ini memang kami menemui banyak kendala yang dihadapi seperti cuaca, serta sulitnya akses menuju lokasi kegiatan yang cukup jauh, tapi ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi tim,” ujar Fredy.

Sementara itu, TMMD Reguler ke-109 dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir, Babirah dan Bapinang Hulu Kecamatan Pulau Hanaut. Kegiatan dilaksanakan mulai 22 September dan berakhir pada 21 Oktober ini.

Sasaran fisik kegiatan yaitu perbaikan tiga jembatan dan satu mushalla serta pembangunan pos terpadu. Selain itu ada sejumlah sasaran nonfisik yang telah ditetapkan untuk dicapai. (rls)