4 Perusahaan Konsorsium Dapat Piagam Penghargaan dari Bupati Kobar

IST/BERITA SAMPIT - 4 perusahaan konsorsium di Kecamatan Aruta mendapat piagam penghargaan dari Bupati Kobar, Hj Nurhidayah.

PANGKALAN BUN – Empat perusahaan yang terlibat dalam program konsorsium yakni PT. Astra Agro Lestari Tbk, PT. Best Agro International, PT. Korintiga Hutani dan PT. Esbury Kalteng Mining, telah mendapat piagam penghargaan dari Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah.

Acara penyerahan piagam dilakukan usai acara serah terima hibah jalan CSR konsorsium tahap III pembukaan jalan penghubung antar desa, sepanjang 160 kilometer di Desa Nanga Mua, Kecamatan Arut Utara, Kamis 22 Oktober 2020.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, program pembangunan jalan melalui kerjasama bersama perusahaan besar dengan program konsorsium ini sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Program ini terus bergulir hingga sekarang.

“Untuk program konsorsium tahap satu dan dua telah diserahkan oleh sejumlah perusahaan kepada Pemkab Kobar sepanjang 150 Kilometer. Untuk tahap tiga ini program konsorsium yang dikerjakan tahun 2019 dan selesai tahun 2020 dengan total panjang 160 kilometer,” kata Hj Nurhidayah.

BACA JUGA:   Mahasiswa Asal Kobar Inisiasi Seminar Soal Peran Pemuda Islam

Program pembangunan konsorsium tahap ketiga ini menghubungkan antara Kelurahan Pangkut dengan Desa Nanga Mua. Sehingga dengan selesainnya program konsorsium ini, maka akses jalan warga menuju ibu kota kecamatan menjadi lebih dekat.

Dengan adanya pembangunan jalan ini selain membuka keterisolasian juga untuk membangun desa. Sehingga pembangunan jalan jni dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Tentunya ini merupakan perhatian Pemda Kobar kepada masyarakat dan juga merupakan realisasi janji politik pasangan Nurani, dalam membangun infrastruktur, pariwisata dan pertanian dalam arti luas,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Hj Nurhidayah tak lupa mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada p perusahaan baik dari PT.Korintiga Hutani dan PT.Astra Group atas kerjasamannya, dan diharapkan bisa berlanjut. Serta kepada masyarakat diucapkan terimakasih atas dukungannya telah merelakan tanahnya untuk dijadikan jalan.

BACA JUGA:   Sepakat, 5 Raperda Usulan Pemkab Kobar Dibahas

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kobar Juni Gultom mengatakan, bahwa Program pembangunan jalan CSR Konsorsium ini sudah dilaksanakan 3 tahap, dengan capaian kurang lebih 310 KM.

Adapun rinciannya, tahap I dimulai pada tahun 2017 sepanjang 70 KM, tahap II tahun 2018 sepanjang kurang lebih 80 Km dan tahap III tahun 2019 sepanjang kurang lebih 160 KM.

“Setelah selesai program konsorsium tahap III, dilanjutkan dengan ground breaking pembangunan jalan konsorsium tahap empat. Total jalan yang di kerjakan pada tahap IV ini sepanjang 135 kilometer,” kata Juni Gultom.

Juni menambahkan bahwa, infrastruktur jalan memainkan peranan penting dalam mempercepat pemerataan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
(Man/beritasampit.ci.id).