Dewan Minta Utamakan Tenaga Kerja Lokal

LULUS/BERITA SAMPIT- Wakil Ketua I DPRD Mura, Likon SH, MM

PURUK CAHU- Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura), Likon SH, MM meminta agar pemerintah daerah setempat dapat meningkatkan dan memperat hubungan serta kerjasama dengan pihak-pihak swasta di Kabupaten Mura.

Tujuannya adalah, sebagai pemerintah tentu sebagai kewajiban dalam melayani pihak swasta terutama investor untuk menanamkan sahamnya di Bumi Tana Malai Tolung Lingu itu.

“Sisi lain juga dimaksud nantinya, dengan ada perhatian, komunikasi serta kerjasama yang baik, tentu pihak investor juga tidak lepas dari menunaikan kewajibannya untuk daerah, memberikan kontribusi, termasuk juga dalam perekrutan tenaga lokal, mereka mempriotaskan karyawan yang bekerja itu tenaga lokal,” Kata Likon, Kamis, 22 Oktober 2020.

BACA JUGA:   Kajari Mura Desak Kepolisian Usut Kasus Penipuan Catut Nama Mantan Kasi Pidsus

Menyinggung soal tenaga kerja lokal ini, politikus Partai Nasdem ini menyampaikan hal tersebut bukan tanpa alasan, dimana memang sampai saat ini masyarakat Mura khususnya masih kesulitan untuk mencari pekerjaan, padahal di daerah ini banyak perusahaan swasta yang menginvestasikan modalnya yang cukup besar.

“Kita tidak ingin perusahaan yang banyak di daerah ini, masyarakat atau putera daerahnya sebagai penonton saja. percuma banyak perusahaan apabila tidak bisa menyerap tenaga kerja dari masyarakat kita sendiri, pemerintah tekan dan awasi proses perekrutan jika ada perekrutan, karena selama ini banyak keluhan masyarakat karena kurang dilibatkan oleh investor untuk bekerja diperusahaa mereka,” ucapnya.

BACA JUGA:   65 Karyawan Positif Covid-19, Wakil Bupati Mura Datangi PT HPU

Soal keahlian, kata Likon, tentu pihak perusahaan yang lebih tahu mana bidang yang cocok untuk penempatan mereka, tentu hal-hal ini lah cara kita membantu masyarakat kita.

“Karena selama ini jadi alasan karena sial SDM, dan keahlian. Kita tidak ingin masyarakat kita hanya menonton saja, libatkan mereka. Jika lulusan SMA maka tempatkan pada posisi yang tepatnya mereka bekerja, dan tidak mungkin di tempatkan di bagian IT atau lainnya, itukan orang yang ahli saja,” tukas mantan Kepada Dinas Pendidikan Mura ini.

(Lulus/beritasampit.co.id)