Genjot Ekonomi Desa, Jembatan Upon jadi Wisata Baru

IST /BERITA SAMPIT - Kondisi Jembatan Gantung di Desa Upon

PALANGKA RAYA- Pemerintah melalui Tenaga Teknis Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membangun jembatan gantung yang terletak di Desa Upon Batu Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) guna membantu lancarnya perekonomian dan membuka terisolir akses warga setempat.

Selain itu, jembatan tersebut juga dijadikan destinasi wisata yang baru bagi warga sekitar dan Gunung Mas.

Diketahui, jembatan itu telah diserah terimakan kepada Pemkab Gumas tertanggal 1 September 2020 dengan bukti penyerahan yang tertuang dalam berita acara serah terima barang milik Negara (BMN) berupa jembatan gantung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bernomor 01/NPH-JG/BMN/Bb29/2020 dan nomor 030/486.a/BAST/D/BKAD/IX/2020.

BACA JUGA:   Ini Tanggapan DPRD Terhadap Nota Keungan dan Raperda APBD Kalteng tahun 2021

Serah terima dilakukan oleh Kepala Satker PJN Wilayah II Kalteng Adi Rosadi bertindak untuk dan atas nama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Sekda Gumas, Yansiterson.

Nilai kontrak pekerjaan jembatan itu senilai Rp5.657.000.000, tahun anggaran 2019 dengan pelaksana pekerjaan CV Bayu Duta Pratama, Pusat Palangka Raya.

Direktur CV Bayu Duta Pratama, Riant Anggoro kepada awak media di Palangka Raya, Kamis 22 Oktober 2020 mengungkapkan bahwa semua pekerjaan itu sudah sesuai dengan perencanaan.

“Sebelum diserah terimakan ke pihak Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, jembatan itu sudah di uji laboratorium dan semuanya baik tidak ada hal yang sifatnya mengganggu kekuatan kontruksinya,” bebernya.

BACA JUGA:   Damkar Kejari Palangka Raya Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

Dilanjutkan Riant, hingga saat ini pihaknya tetap melakukan perawatan hingga masa pemeliharaan itu berakhir.

“Saat ini kami tetap melakukan pemeliharaan hingga bulan Desember 2020 nanti,” tukasnya.

Terpisah, Camat Tewah, Hengki Panto sangat mengapresiasi dan menyatakan jembatan gantung itu merupakan kebutuhan masyarakat desa dalam menunjang aktivitas masyarakat dan pemerintah desa serta dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya jembatan gantung ini, objek wisata yang ada di desa Upon Batu semakin ramai dikunjungi masyarakat Gunung Mas hingga warga Desa Upon Batu mendapatkan manfaat dari jembatan tersebut,” pungkasnya.

(Aul/beritasampit.co.id)