Ini Alasan PWI Kalteng Adakan Pelatihan Menulis Berita Olahraga

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Seksi Wartawan Olahraga PWI Kalteng, Wahyudi Hendra.

PALANGKA RAYA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) melaksanakan pelatihan menulis berita olahraga di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Jumat 23 Oktober 2020, dan akan dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng, Falery Tuwan.

Selain Kadispora, Ketua Komite Olahragan Nasional Indonesia (KONI) Eddy Raya Samsuri akan turut hadir. Eddy rencananya akan menyampaikan beberapa persoalan terkait promosi olahraga melalui pemberitaan dan foto. Bahkan nantinya akan dibahas rencana program bersama KONI dan PWI, terutama menyongosong Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII tahun 2021.

Ketua SIWO PWI Kalteng Wahyudi Hendra menjelaskan, Falery maupun Eddy Raya, sudah mengkonfirmasi kehadiran. Dijadwalkan kegiatan pelatihan menulis berita dan foto olahraga, diikuti 30 orang peserta. Nantinya baik Falery dan Eddy, akan memberikan pencerahan terhadap peserta.

“Kami sudah komunikasikan, Insya Allah keduanya memastikan hadir. Kegiatan ini merupakan program kerja pengurus PWI melalui SIWO,” kata Giben sapaan akrab Wahyudi Hendra.

BACA JUGA:   PPKHI Ajak Masyarakat Tolak Intoleransi dan Radikalisme di Bumi Isen Mulang

Dijelaskan Giben, berita maupun foto olahraga mempunyai daya tarik tersendiri dalam sebuah media. Tidak heran, hampir semua media menyiapkan rubrikasi khusus olahraga. Karena memang, penggemar olahraga tidak terbatas usia, golongan, atau lainnya. Semua orang punya hobi olahraga, meski berbeda.

Berita olahraga, jelas Giben, sering dicari, dan menarik minat banyak orang. Tinggal bagaimana penyajiannya, sehingga mampu mengundang masyarakat untuk membaca. Perlu strategi yang baik, agar berita maupun foto olahraga hasil karya wartawan menarik minat baca masyarakat.
“Itu besok kita akan bedah. Peserta nanti diberikan pembekalan menulis berita, cara foto, dan berbagai isu olahraga yang sering terlewatkan wartawan,” tegas Giben.

Terpisah, Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin menjelaskan, dari dahulu berita maupun foto olahraga, tidak pernah sepi peminat. Bahkan hampir setiap hari, masyarakat selalu mencari berita olahraga di media. Tinggal sekarang kejelian wartawan dalam mengangkat isu, membuat naskah, dan menampilkan fotonya.

BACA JUGA:   Pemerintah Provinsi Kalteng Kembali Luncurkan Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya

Pemberitaan olahraga, ungkap Haris, masih menjadi favorit pembaca, baik media cetak, daring, atau bahkan televisi serta radio. Namun sayangnya, ketajaman pembuatan berita olahraga seiring berjalan waktu semakin berkurang. Wartawan lebih banyak mengandalkan berita wawancara, bukan pengamatan, analisa, maupun kejadian lapangan.

“Kekuatan berita olahraga itu ada dianalisasi, prediksi, pengamatan, maupun kejadian lapangan. Bukan pada hasil wawancara yang sering terjadi sekarang. Jadi wartawan perlu jeli dalam mengupas isu olahraga,” tegas Haris.

Atas dasar itu, jelas Haris, PWI melaksanakan pelatihan menulis berita dan foto olahraga. Kegiatan dilaksankan melalui SIWO yang menghadirkan narasumber berpengalaman dalam liputan olahraga. Agenda tersebut masuk dalam program kerja pengurus PWI masa bakti 2019 sampai 2024.

“Setelah mengikuti pelatihan, paling tidak nanti ada perubahan pola pikir dalam penulisan berita maupun foto olahraga. Jadi berita atau foto lebih inspiratif, tidak hanya mengandalkan wawancara,” tegas Haris. (Hardi/beritasampit.co.id).