BPJS Kesehatan Cabang Sampit Bahas Isu Terkini Pogram JKN-KIS

IST/BERITA SAMPIT - BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah saat mengikuti kegiatan virtual bersama insan pers.

SAMPIT – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ikut membahas isu terkini tentang program JKN-KIS secara virtual bersama BPJS Kesehatan seluruh Indonesia dan sejumlah insan pers, sejak tanggal Kamis 22 Oktober hingga Jum’at 23 Oktober, yang dilaksanakan di lantai dua Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sampit Jalan Jenderal Sudirman.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah narasumber yang berkompeten di masing-masing bidang, dan diikuti dari berbagai instansi dan seluruh awak media yang tersebar di seluruh wilayah kantor BPJS Kesehatan.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, Muhammad Iqbal Anas Maruf, mengatakan, peranan media massa sangat dibutuhkan, utamanya untuk menyampaikan berbagai informasi ke masyarakat terutama di tengah pandemi. Meskipun di tengah segala keterbatasan dan pengaturan yang serba ketat akibat masih merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia bisa terealisasi.

“Penting bagi kita untuk senantiasa mematuhi segala pengaturan dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat ini, karena selain demi menjaga kesehatan dan keselamatan sesama, namun juga merupakan bentuk tanggung jawab kita untuk mencegah penularan Covid-19 di tanah air,” katanya.

Dia menlanjutkan, peringatan Hari Pers Nasional 2020 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Presiden Joko Widodo menaruh banyak harapan kepada insan pers untuk senantiasa berjuang demi kemaslahatan bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa, serta mewujudkan agenda Indonesia Maju.

BACA JUGA:   Ketua MPR RI Ingatkan Pelajar di Luar Negeri Perlu Terapkan Nilai-nilai Kebangsaan

”Atas apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden tersebut, kita dapat simpulkan bahwa peranan media massa semakin krusial dalam mewujudkan tatanan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat Indonesia, utamanya di tengah pandemi Covid-19 yang memberikan beragam tantangan dan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk dapat melakukan adaptasi kebiasaan baru,” tutur Iqbal.

Peran media massa dan insan pers, lanjut dia, semakin diperlukan untuk mengantisipasi misinformasi atau berita-berita keliru yang bergulir di tengah kondisi kebatinan yang belum stabil di masyarakat akibat pandemi Covid-19. Media massa dan seluruh jajaran insan pers dituntut untuk senantiasa bergerak dengan nafas independen dan berpihak hanya pada kebenaran.

“Berkaca pada penjelasan di atas, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Sosial bidang kesehatan dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia, memiliki kepentingan untuk dapat menyampaikan informasi secara faktual kepada seluruh pemangku kepentingannya, terutama kepada peserta dan publik eksternal lainnya,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Perlu Konsistensi Pemerintah dalam Penegakan Protokol Pengendalian Covid-19

Oleh karena itu, kehadiran BPJS Kesehatan dalam mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat erat hubungannya dengan keterbukaan informasi publik dimana prinsip profesionalitas, akuntabilitas, tranparansi, pelayanan prima, demokrasi dan partisipasi, efesiensi dan efektivitas, serta supremasi hukum dapat diterima oleh seluruh masyarakat. Disinilah media massa dan pers memegang peranan kunci sebagai penghubung komunikasi antara BPJS Kesehatan kepada masyarakat.

Pada kegiatan tersebut juga, pihaknya memberikan pengumuman pemenang Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2020, yang telah diikuti wartawan se-nusantara.

Sementara itu, sejumlah narasumber selama kegiatan berlangsung diantarannya yakni Staf Khusus Menteri Keuangan RI Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, Kepala Satgas Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kedeputian Pencegahan KPK Kunto Ariawan. Kemudian Ketua Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pusat Adang Bachtiar, Chief of Party USAID Health Financing Activity Hasbullah Thabrany, dan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial TB. A Choesni.

Sebagai informasi, salah satu wartawan di kota Sampit meraih penghargaan juara ke dua pada lomba kategori berita media cetak yang dilaksanakan tersebut. (jimmy/beritasampit.co.id).