SIWO PWI Kalteng Tingkatkan Kualitas Wartawan

IST/BERITA SAMPIT - Penyerahan Kenang-Kenangan Kepada Perserta Pelatihan.

PALANGKA RAYA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus meningkatkan kualitas SDM wartawan. Salah satunya, program bidang Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalteng, menggelar pelatihan menulis berita dan foto bagi kalangan insan Pers di Kalteng, di hotel Aquarius, Palangka Raya, Jumat 23 Oktober 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KONI Kalteng Eddy Raya Samsuri, Kadispora Falery Tuwan, Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin, dan Pengurus PWI Kalteng.

Selain untuk menambah ilmu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan wartawan yang ada di Kalteng, khususnya wartawan yang meliput kegiatan olahraga,  dengan menghadirkan dua orang narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni Vicensius GL redaktur Olahraga Kalteng Pos dan Makna Zeezar Fotografer Kantor Berita Antara Kalteng.

Kegiatan ini dilaksanakan, karena merupakan salah satu agenda PWI Kalteng dalam memfasilitasi para jurnalis yang ada agar semakin profesional dalam menjalankan tugasnya, khususnya wartawan yang meliput kegiatan olahraga, sekaligus meningkatkan kualitas SDM di media masing masing baik Elektronik, Radio, Cetak dan Televisi.

Ketua PWI Kalteng, HM Haris Sadikin menyampaikan, pemberitaan di bidang olahraga mempunyai peran yang cukup penting dalam mengangkat kemajuan daerah di bidang olahraga, terutama menghadapi PON dan kegiatan olahraga skala tradisional hingga membawa nama baik daerah Kalteng.

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan nyata dari Pemerintah Daerah kepada PWI Kalteng dalam bersinergi melaksanakan program peningkatan kualitas SDM wartawan. Selaku pengurus PWI, berterimakasih kepada Pemprov, KONI Kalteng dan mitra kerja yang memberikan dukungan dan semangat untuk bersama sama dalam mengangkat informasi daerah Kalteng, khsusnya bidang olahraga,” kata Haris.

BACA JUGA:   BI Kalteng Serahkan Bantuan Untuk Penanganan Covid-19

Haris juga menyampaikan bahwa, SIWO Kalteng memiliki komitmen dalam gelaran Porwanas 2021 nanti yang akan digelar di Malang, Jawa Timur akan mempertahankan prestasi yang telah ditorehkan yakni Peringkat III Nasional pada Porwanas sebelumnya, bahkan berusaha menaikkan Peringkat menjadi yang pertama secara nasional.

Hal itu tentunya dengan dukungan dan semangat serta peran dari Pemerintah Provinsi Kalteng dalam membantu PWI termasuk juga KONI Kalteng dalam bersinergi meningkatkan olahraga.

“Semoga PWI Kalteng dapat mempertahankan juara III Nasional dalam Porwanas. Hal ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah, KONI Kalteng dalam bersinergi meningkatkan kualitas olahraga Kalteng, terutama atlet PWI Kalteng dalam berlatih dan berkarya menulis berita olahraga,” jelasnya.

Dirinya juga berharap dengan diselenggarakannya pelatihan ini akan menciptakan wartawan yang handal dan memiliki kemampuan dalam menulis berita di bidang olahraga.

“Mudah-mudahan setelah pelatihan ini kawan-kawan sudah mulai bisa menulis berita olah raga dan terima kasih kepada dua orang narasumber yang bersedia hadir membagi pengalamannya dalam liputan berita olahraga,” sebut Haris.

Sementara itu, Ketua KONI Kalteng H. Eddy Raya Samsuri mengapresiasi pelatihan menulis berita dan foto olahraga tersebut karena dapat membantu dan saling bersama sama dalam menyampaikan informasi mengenai dunia olahraga di Kalteng, terutama menyongsong kesiapan menghadapi PON Papua 2021.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Instruksikan Bupati Perkuat Penerapan PPKM di Kelurahan dan Desa

“PWI Kalteng bagian dari mitra kita, termasuk juga kawan kawan pers bidang olahraga, sehingga dapat memberikan informasi mengenai olahraga di Kalteng baik para atlet hingga berbagai pengprov cabor termasuk dalam pengelolaan KONI Kalteng dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga Kalteng,” kata Eddy.

Ditegaskan Bupati Barito Selatan ini, KONI Kalteng juga siap bersinergi dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas atlet PWI Kalteng dalam menghadapi Porwanas 2021 di Malang Raya, Jatim.

“KONI Kalteng siap bersinergi dan berkolaborasi bersama PWI Kalteng dalam meningkatkan kualitas atlet SIWO, apalagi sudah memiliki prestasi III besar Nasional dalam Porwanas di Bandung 2016 lalu, pertahankan dan tingkatkan,” ucapnya.

Seraya dengan itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Falery Tuwan bangga dengan atlet PWI Kalteng sudah bisa meraih hasil luar biasa di pentas Nasional sehingga hal itu juga menjadi acuan dalam olahraga di Kalteng untuk menuju terbaik di Nasional.

“Kami bangga dengan prestasi PWI Kalteng dalam Porwanas. Dispora siap bersinergi, belerjasama dalam hal sarana dan fasilitas olahraga untuk dapat membantu PWI Kalteng dalam meningkatkan olahraga di Kalteng,” jelasnya, sembari membuka kegiatan.

Sebanyak 30 peserta yang ikut mendengarkan dan belajar menulis berita olahraga yang dengan pemateri Vicensius GL, dipandu oleh Indar Saksena, Sekretaris SIWO PWI Kalteng.

Setelah itu, kegiatan pelatihan foto dan belajar foto serta membuat berita foto olahraga, dengan pemateri Makna Zaezar yang dipandu oleh Fevri Ibin. (Hardi/beritasampit.co.id).