Irawati Terus Dorong Kemajuan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa

ILHAM/BERITA SAMPIT - Calon Wakil Bupati Kotim, Irawati, saat bertemu para pekerja rotan di Desa Batuah, Kecamatan Seranau, Sabtu 24 Oktober 2020.

SAMPIT – Potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang ada sejak lama akan terus digali dan dikembangkan potensinya. Ekonomi kreatif bukanlah produk baru, namun perkembangannya di Kotim, khususnya di wilayah Pedesaan masih bergerak perlahan dan perlu upaya untuk terus ditingkatkan.

Hal ini terus menjadi sorotan Calon Wakil Bupati Kotim, Irawati yang menginginkan masyarakat desa bisa terampil dalam berbagai bidang kreatifitas, salah satunya seperti kerajinan tangan pengolahan rotan.

“Menanamkan kreatifitas masyarakat Desa, khususnya dikalangan perempuan memang menjadi keinginan saya, agar masyarakat desa juga memiliki kemampuan memproduksi hasil kerajinan tangan sendiri. Kita liat seperti di Desa Batuah dan Terantang yang merupakan wilayah penghasil rotan, jika diimbangi dengan kerajinan tangan, tentunya nilai jual rotan akan semakin tinggi,” jelas Irawati, saat melakukan blusukan di sejumlah desa di Kecamatan Seranau, Sabtu 24 Oktober 2020.

BACA JUGA:   BGA Group Pundu Serahkan Alat Damkar Ke Tim Kecamatan Cempaga Hulu

Irawati yang berpasangan dengan Halikinnor sebagai calon Bupati, yang akrab dipanggil pasangan HARATI ini, mengharapkan sejumlah desa penghasil rotan di Kotim, dapat mengembangkan industri ekonomi kreatif yang sesuai dengan kondisi dan situasi Kotim.

“Memberikan pendidikan dan pelatihan kerajinan tangan ini harus kita kembangkan, saya ingin Kotim bukan hanya mengirim bahan mentah, tapi bisa juga mengirim bahan jadi yang hasilnya dari industri kerajinan masyarakat Desa,” katanya.

BACA JUGA:   TMMD Bantu Pemerintah Untuk Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Meningkatkan ekonomi masyarakat memang menjadi salah satu prioritas HARATI, dengan memiliki bekal keterampilan kerajinan tangan, dan didukung dengan hasil sumber daya alam yang memadai, selain memberikan dampak positif bagi daerah, namun juga akan memberikan kesejahteraan pada masyarakat.

“Ekonomi masyarakat terangkat, otomatis kesejahteraan mereka juga terjamin, karena lapangan kerja terbuka luas, dan hasil alam pun bisa dimanfaatkan dengan efektif demi membawa kemajuan Kotim kedepannya,” ujar Irawati. (Cha/beritasampit.co.id).