Plt Gubernur Kalteng Sampaikan Pesan Presiden Soal Pertanian Ke Masyarakat Bima

DIALOG : SUBHAN/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Habib Ismail bin Yahya saat dialog langsung dengan masyarakat petani dan peternak Kabupaten Bima.

BIMA – Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail bin Yahya dialog langsung dengan masyarakat petani di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam agenda Kunjungan Kerja (Kunker), Senin 26 Oktober 2020.

Dalam dialog ini Habib Ismail mengatakan, bahwa memang Kalteng juga sudah banyak program program yang sudah dimasukan Pemerintah Pusat untuk membantu meningkatkan taraf hidup petani. Namun, Dia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bima program-program yang aplikatif yang bisa digunakan di Kalteng, khususnya tentang pertanian dan peternakan.

“Tujuan kami di 2020 dan kedepannya adalah meningkatkan taraf hidup petani,” tuturnya.

Lebih lanjut Habib Ismail menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo, bahwa tenyata pertumbuhan ekonomi Indonesia pada umumnya itu sudah minus tiga karena musibah Covid-19, dan dari itu semua, menurutnya, yang menopang dan masih mendukung naiknya pertubuhan ekonomi di Indonesia ini, ternyata hanya sektor pertanian menyumbang pertubuhan ekonomi 16 persen lebih.

“Artinya benar-benar kita negara agraris, negara yang mana sebagian besar ekonomi dan warga negara Indonesia ini pekerjaannya adalah sebagai petani,” pungkasnya.

Bahkan kata Habib Ismail, potensi emas, batu barat maupun potensi wisata dan segala sesuatunya tanpa ditopang oleh pertanian maka semua tidak berarti apa-apa.

“Kami mempunyai program bagaimana megangkat harkat dan martabat petani kami di Kalimatan Tengah, dan usaha kami salah satunya adalah belajar ke tempat-tempat yang menurut sepengetahuan kami adalah tempat-tempat yang berhasil dalam bidang pertanian, dan salah satunya adalah Kabupaten Bima ini,” imbuhnya saat berdialog dengan petani Bima di lokasi pertanian.

“Besar harapan kami setelah kami pulang dari sini ada sesuatu yang bisa kami aplikasikan dan diterapkan di Kalimantan Tengah,” lanjut Habib.

Kemudian Habib Ismail mengajak masyarakat petani Kabupaten Bima yang hadir dalam kegiatan itu mempresentasikan soal pengembangan potensi pertanian di Bima sebagai motivasi bagi petani di Kalteng, terutama soal pendapatan.

PENINJAUAN : SUBHAN/BERITA SAMPIT – Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Habib Ismail bin Yahya saat meninjau peternakan sapi.

Usai dialog dengan petani, Habib Ismail didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng, Sunarti, meninjau langsung sistem pengembangan peternakan sapi yang dikelola oleh Kelompok Tani Ternak Mandiri di Desa Bolo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima.

Sebelumnya, Habib Ismail dan rombongan agenda Kunker, juga meninjau pengembangan potensi pertanian kedelai dan jagung. Usai meninjau peternakan, Habib Ismail akan melihat langsung lokasi pengelolaan komoditas bawang. (Han/beritasampit.co.id).