Pasar Rakyat Jalan A Yani Translokal Nanga Bulik Pindah

NANGA BULIK – Pasar rakyat yang berada di Jalan A Yani Translokal Kota Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau tampak sedang dibongkar, yang dipimpim oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan Perindustrian (DKUKMPP) Lamandau, beserta Kabid Penegakan Trantibum Satpoldam, Kapolsek Bulik, Kejaksaan Lamandau dan juga sejumlah anggota Satpol PP.

Menanggapi pembongkaran tersebut, Kadis DKUKMPP Lamandau, Penyang Lanen mengatakan, bahwa pasar yang dibongkar, merupakan bangunan CSR dari Bank Kalteng yang sebelumnya digunakan oleh sejumlah pedagang untuk berjualan.

“Pembongkaran pasar rakyat ini, dilakukkan dalam rangka untuk penataan pasar rakyat agar lebih baik dan representatif untuk masyarakat mengadakan jual beli,” katanya kepada wartawan, Selasa 27 Oktober 2020.

Ia menjelaskan, bangunan sebelumnya hanya dapat dihuni 4 sampai 5 pedagang saja, maka Pemerintah Daerah akan merelokasikan para pedagang untuk bergeser ke belakang pasar yang dibongkar.

BACA JUGA:   Program PTLS, Warga Lamandau Terima Sertifikat Tanah

“Tempat tersebut telah kita siapkan sekitar 40 lapak untuk ditempati para pedagang, dan saat ini baru 5 lapak yang terisi dan sisanya sudah banyak pedagang yang mendaftar, jadi tinggal menempati saja,” jelasnya.

Penyang meneruskan, bahwa hal ini bertujuan untuk menertibkan lokasi-lokasi pasar yang ada di Kabupaten Lamandau agar masyarakat dapat berjual beli dengan nyaman dan sehat.

“Pak Bupati mendorong semua pasar, terutama pasar rakyat yang ada di Lamandau. Kita berbenah agar lebih representatif, supaya minat warga dalam berbelanja di pasar rakyat sangat jelas perputaran perekonomiannya dan juga berjalan dengan baik,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Bupati Lamandau : Para Atlet Harus Tetap Optimis Raih Prestasi

Sementara itu, Penyang Lanen mengatakan, bahwa rencananya lahan bekas lokasi pembongkaran tersebut akan dibangun area parkir dan juga taman.

“Nantinya lokasi pembongkaran lahan pasar ini akan dibangun lahan parkir dengan dipasang paving block serta dibangun taman sehingga pasar rakyat ini lebih nyaman untuk dikunjungi,” ucapnya.

Ditanya mengenai perkembangan pembangunan pasar induk Nanga Bulik, Penyang mengatakan, masih dalam proses finishing pekerjaannya terus digenjot agar segera dapat diresmikan dan ditempati oleh para pedagang.

“Termasuk pasar induk merupakan target kita untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, saat ini masih finishing dan targetnya tahun depan sudah dapat difungsikan,” tukasnya. (Andre/beritasampit.co.id)