Polisi Pantau Debit Air dan Sosialisasi Prokes

IST/BERITA SAMPIT - Petugas Saat Melakukan Pengecekan Debit Air

PALANGKA RAYA – Intensitas curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir di Kota Palangka Raya menyebabkan debit air di beberapa lokasi terutama daerah aliran sungai (DAS) mengalami kenaikan dan berpotensi menimbulkan banjir.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, memerintahkan seluruh jajarannya untuk melakukan berbagai langkah antisipatif guna mempercepat tindakan awal saat terjadinya banjir.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kasat Sabhara Polresta Palangka Raya AKP Gatoot Sisworo, bersama anggota segera mempersiapkan sarana dan perlengkapan Save And Rescue (SAR) terbatas yang dimiliki oleh Satsabhara agar dapat digunakan saat terjadinya banjir, Selasa 27 Oktober 2020 Pukul 16.30 WIB.

“Saat ini pihaknya telah menyiapkan perahu kayak dan beberapa rompi pelampung untuk evakuasi korban banjir dan disiagakan didalam mobil operasional sehingga siap digunakan setiap saat,” kata Kasat Sabhara Polresta Palangka Raya AKP Gatoot Sisworo.

IST/BERITA SAMPIT – Petugas Saat Mengeluarkan Peralatan

Gatoot mengimbau kepada masyarakat Kota Palangka Raya terutama yang tinggal di bantaran sungai untuk selalu waspada dan jangan biarkan anaknya yang masih kecil bermain sendirian di pinggir untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

BACA JUGA:   Tampil Solo Pada Debat Publik Kedua, Edy Pratowo Paparkan Visi Misi

Mengikuti arahan tersebut, Polsek Sabangau, melaksanakan patroli sambang dan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di wilayah Kelurahan Bereng Bengkel Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya.

Patroli yang dipimpin oleh Aiptu Acep Sopandi tersebut dimaksudkan untuk memantau situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan politik dimasa tahapan Pilkada serentak Tahun 2020 di wilayah Kota Palangka Raya.

Acep menuturkan sembari melaksanakan patroli, dirinya bersama tiga anggota Piket SPKT juga mengecek akses jalan menuju Kelurahan Bereng Bengkel yang kerap terendam air saat terjadinya peningkatan curah hujan sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Saat kita lakukan pengecekan tinggi air yang menggenangi jalan setinggi 60 cm sehingga untuk akses menuju permukiman dilakukan dengan menaiki perahu feri sederhana milik warga yang hanya dapat mengangkut orang dan sepeda motor,” kata Aiptu Acep.

Diakhir kegiatan, tidak lupa Acep mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol Kesehatan dengan menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran virus corona.

BACA JUGA:   Yose Hernando Resmi Dilantik Jadi Ketua IPI Kalteng, Diharapkan Mampu Lakukan Inovasi Baru
IST/BERITA SAMPIT – Petugas Saat Melakukan Pengecekan Debit Air

Hal serupa juga dilakukan Kapolsek Bukit Batu Iptu Muludin, bersama Wakapolsek, Ipda Manton Sidabariba di Dermaga Kelurahan Sei Gohong, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Kepada masyarakat yang bermukim di sana, Muludin menyampaikan pesan-pesan keselamatan serta keamanan dan ketertiban, terutama bagi yang beraktivitas sehari-hari pada kawasan dermaga tersebut.

“Utamakan keselamatan dan keamanan diri saat beraktivitas, mengingat saat ini debit air sungai semakin meningkat yang dikarenakan intensitas curah hujan yang tinggi,” kata Kapolsek Bukit Batu Iptu Muludin.

Selain hal tersebut, dirinya juga mengingatkan masyarakat setempat agar selalu disiplin menerapkan serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat ini guna menangkal penyebaran wabah Covid-19.

“Wajib gunakan masker, menjaga jarak fisik dan mencuci tangan saat beraktivitas sehari-hari, serta jaga kondisi kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan dan berolahraga,” ucapnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)