Tertibkan Pelaksanaan Pilkada, KPU Kobar Ambil Langkah Preventif

IST/BERITA SAMPIT - Chaidir, Ketua KPU Kabupaten Kotawaringin Barat.

PANGKALAN BUN – Setelah Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Hj Nurhidayah membuat berbagai kebijakan, tentang bagaimana caranya mencegah penularan virus corona (Covid-19), maka oleh semua pihak disambut dan dilaksanakan dengan baik.

Seperti halnya disampaikan Chaidir Ketua KPU Kabupaten Kobar, setelah menerima Surat Edaran Bupati Kobar, tentang penanganan penanggulangan Covid-19, pihaknya langsung melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan (Prokes).

“Untuk mensosialisasikan protokol kesehatan,itu bidangnya Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Kobar. Tapi KPU juga, wajib ikut membantu mensosialisasikan prokes atau 3 M,” kata Chaidir saat dikonfirmasi, Selasa 27 Oktober 2020.

BACA JUGA:   Truk Bermuatan Semen Terguling di Jalan Sidorejo

Menurut Chaidir, KPU mensosialisasikan prokes dilaksanakan pada saat merekrut calon-calon petugas di PPS, TPS. Sekarang karena pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, sudah semakin dekat yaitu digelar pada 9 Desember 2020.

“Maka KPU sudah mengambil langkah-langkah preventif untuk penertiban pelaksanaan Pilkada Gubernur dimasa pandemi ini, yakni kerjasama dengan tim Satgas Covid-19,” ujar Chaidir.

Dijelaskan Chaidir, semua petugas dijajaran KPU dan masyarakat yang telah menjadi hak memilih, diwajibkan mentaati 3 M. “Mengenai nanti ada bantuan tambahan logisti untuk Covid-19 dari pusat, kita tunggu informasi lebih lanjut,” imbuh Chaidir.

BACA JUGA:   Sugianto: Saya Bukan Doktor, Tapi Saya Punya Pengalaman

Chaidir mengatakan, memang benar diseluruh TPS juga nanti disediakan masker, dan khusus disinfektan agar sekitar lokasi TPS steril, termasuk alat pengukur suhu tubuh. Karena sebelum masuk ke TPS, para pemilih dicek suhu tubuhnya dan dipastikan tak bersuhu tubuh sama dengan atau lebih dari 37,3 derajat Celcius.

“Untuk mereka yang memiliki suhu tubuh 37,3 derajat Celcius itu kita siapkan di sekitar TPS ada ruang khususnya. Sehingga tidak berdekatan dengan petugas kita dan pemilih yang lain,” pungkas Chaidir. (Man/beritasampit.co.id).