Fenomena Langka, Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Laut Pandaran

TERDAMPAR : IST/BERITA SAMPIT - Terlihat ribuan ikan kecil terdampar di pantai laut pandaran, Dusun Kalap Seban, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kotom, Kalteng.

SAMPIT – Fenomena langka terjadi di pantai laut pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Ribuan ikan berbagai jenis terdampar di pinggir pantai.

“Peristiwa itu terjadi, Rabu 28 Oktober 2020 sekitar pukul 08.00 WIB, warga Dusun Kalap Seban, menggunakan alat rengge rempa tarik mendapatkan ribuan ikan,” ucap Kepala Desa Ujung Pandaran Aswin Nur kepada wartawan beritasampit.co.id via telepon.

BACA JUGA:   Status Kawasan Jadi Kendala Infastruktur Wilayah Utara

Melihat fenomena langka itu, warga dusun Kalap Seban berduyun-duyun keluar rumah untuk menyaksikan langsung ribuan ikan terdampar di pantai laut pandaran.

TERDAMPAR : IST/BERITA SAMPIT – Terlihat warga sedang mengambil ribuan ikan terdampar di pantai laut pandaran.

Anak-anak dan para ibu rumah tangga terlihat senang gembira, mereka seraya mengambil ikan-ikan kecil itu dan memasukannya ke dalam boks yang sudah disiapkan.

Aswin menceritakan, fenomena langka itu sebenarnya pernah terjadi sekitar 1996 silam. Para nelayan tidak sengaja menggunakan alat rengge tarik berhasil menjaring ribuan ikan dipinggir pantai laut pandaran.

BACA JUGA:   Pembangunan Pos Terpadu Mulai Tahap Penyiapan Atap

“Waktu saya jadi nelayan, fenomena langka itu pernah terjadi sekitar tahun 1996 dan terjadi kembali tahun 2020,” ujar Aswin.

Dia menambahkan, ikan terdampar di pantai laut pandaran terutama di Dusun Kalap Seban tidak setiap hari dan hanya terjadi sekitar 15 tahun sekali. (ifin/beritasampit.co.id).