HMI Komisariat Fisip Serukan Pilkada Damai

AMALUL/BERITA SAMPIT - Pengurus HMI Komisariat FISIP berfoto bersama dengan anggota KPU dan Bawaslu Kalteng mewujudkan PILKADA Damai.

PALANGKA RAYA – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisarit FISIP Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar pembukaan Rapat Anggota Komisariat (RAK) sekaligus dialog Pilkada Damai di Cafe Kampung Seberang. Sabtu, 31 Oktober 20202.

Pembukaan RAK Ke-VIII kali ini cukup berbeda, selain konsep kegiatan yang dilakukan secara Outdoor juga mengambil peran dalam mensukseskan pilkada. Nampak hadir sebagai narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng Eko Wahyu Sulistiobudi dan Bawaslu Kalteng, Edi.

Kegiatan ini sendiri sebagai jawaban konsisten HMI dalam Kebangsaan, terutama menghadapi Pilkada Kalteng yang sebentar lagi digelar, dimana sikap pasif kaum muda akan menjadi suatu proses pelemahan demokrasi, karena kaum muda merupakan individu yang sangat kritis dalam menganalisis regulasi dan peka akan pemimpin yang tepat untuk kemajuan negaranya.

Ketua HMI Komisariat Fisip Rahmad Taufik menilai peran pemuda akan menjadi catatan penting dalam keterlibatan penyelenggaraan Pilkada, momentum Pilkada tahun 2020 menjadi ajang nyata untuk pemuda dalam menampilkan peranan mereka secara langsung.

BACA JUGA:   Relawan Bhineka Tunggal Ika Sugianto-Edy Tak Ingin Ada Perselisihan Pemilu Sampai ke MK

“Secara Organisasi HMI tegas Independent tidak berpihak kepasangan calon manapun, meski begitu menjadi kewajiban sebagai generasi muda memastikan pilkada sukses dengan meningkatkan partisipasi pemilih dan mendorong pemilu yang berkualitas,” ungkap Taufik.

Kegiatan ini sendiri hadiri seluruh pengurus HMI Komisariat FISIP UPR, Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya beserta pengurus dan anggota biasa HMI Komisariat FISIP dan perwakilan undangan dari Pimpinan Komisariat HMI Se Kota Palangka Raya dan Katingan.

RAK sendiri merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi ditingkat komisariat, selain menjadi wadah evalusi kepengurusan selama satu periode juga menjadi wadah melakukan regenerasi kepemimpinan di tubuh organisasi HMI.

“HMI adalah organisasi perjuangan yang peran dan fungsinya berada dikawasan perguruan tinggi. Dalam hal ini, substansi Rapat Anggota Komisariat Fisip kali ini adalah sebagai evaluasi, proyeksi dan regenerasi untuk tetap semangat dalam melahirkan pemimpin yang progresif dalam mimpin Komisariat kedepanya, oleh karna itu Komisariat sebagai ujung tombaknya, Cabang untuk mencapai tujuan HMI yang termaktub pasal 4 Anggaran Dasar HMI,” jelas Rahmad Taufik.

BACA JUGA:   Bawaslu Ajak OMS dan Media Massa Kawal Pilkada Kalteng

Hal senanda juga diungkapkan Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya Riko Rahman yang berharap ketua terpilih nanti mampu mampu menciptakan lebih banyaknya kader yang memiliki 5 kualitas insan cita serta tetap berpegang teguh denagan nilai independensi HMI.

“Selamat melaksanakan RAK, pesan saya di tahun politik sekarang ini mari kita sama-sama menjaga marwah Organisasi HMI dengan tetap berpegang teguh terhadap nilai-nilai independensi HMI,” pesan Riko.

Sebelumnya ketua Panitia Alexander mengatakan RAK ini diadakan satu tahun sekali tepatnya 12 bulan masa kepemimpinan yang saat ini dipimpin oleh Rahmad Taufik.

“Sesuai dengan konsitusi 1 tahun masa kepengurusan tingkat komisariat wajib menggelar RAK,” singkatnya.

(Amalul/Kawit/beritasampit.co.id)