Istana Pangeran Mangkubumi, Habib : Harus Dijaga dan Dilestarikan

IST/BERITA SAMPIT - Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat berkunjung ke Istana Pangeran Mangkubumi

PANGKALAN BUN – Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya berkunjung ke Istana Pangeran Mangkubumi, Minggu 1 November 2020.

Pada kesempatan tersebut, Habib Ismail berkeliling memasuki sejumlah ruangan berisi berbagai benda bersejarah.

Sebagaimana diketahui, rumah tradisional ini terdiri atas 5 bangunan, yakni bangunan induk, bangunan penerima tamu, bangunan tempat tinggal pelayan, bangunan depan, serta bangunan dapur dan gudang.

Rumah pribadi Ratu Adipati Mangkubumi I atau Ratu Kuning ini merupakan warisan Pangeran Ratu Anum Kesumayuda. Pangeran Adipati Mangkubumi adalah menantu Pangeran Ratu Anum Kesumayuda, Sultan XI dari Kerajaan Kotawaringin (Kutaringin) yang berdiri pada tahun 1865 sampai 1904.

Pemandian Putri Tujuh menjadi bagian dari istana dengan hiasan ukiran berbentuk suluran berwarna kuning keemasan, merah dan hijau di bagian pintunya ini.

Pemerintah Provinsi Kalteng, melalui Program Pengelolaan Kekayaan Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan studi kelayakan, pemugaran fisik, penataan lingkungan, dan pembuatan kolam pada tahun 1996 sampai 1997.

BACA JUGA:   1.698.449 DPT Provinsi Kalteng Resmi Ditetapkan KPU

Upaya perawatan juga telah dilakukan melalui Juru Pelihara Gusti Samudera yang bertugas mengawasi cagar budaya dari kerusakan dan kehilangan.

Kehadiran Plt Gubernur Kalteng dan rombongan disambut beberapa anggota keluarga Kesultanan Kutaringin, salah satunya adalah Gusti Dian yang pada kesempatan hari ini turut menguraikan sejarah Kesultanan Kutaringin dan bangunan Istana Pangeran Mangkubumi.

Dijamu dengan sejumlah masakan khas Kalteng, Plt. Gubernur menyampaikan bahwa peninggalan budaya ini perlu dijaga dan dilestarikan.

“Yang seperti ini harus dilestarikan dan kita semua terkesan bisa makan di ruangan para raja, para mangkubumi, inilah kekayaan budaya Kalimantan Tengah. Ternyata di Kalimantan Tengah ada juga kerajaan yang tak kalah dengan kerajaan lain di Indonesia,” ucapnya

BACA JUGA:   Kecamatan Dekat Ibu Kota, Tapi Belum Sepenuhnya Menikmati Listrik

Pada Minggu 1 November 2020 malam, Istana Pangeran Mangkubumi menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dengan penceramah Habib Ismail Bin Yahya yang juga dihadiri keluarga besar Pangeran Mangkubumi dari Kesultanan Kutaringin.

Perlu diketahui Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi yang juga dikenal dengan sebutan Istana Pangeran Mangkubumi.

Tempat tersebut merupakan salah satu peninggalan sejarah sarat kekayaan budaya Kalimantan Tengah (Kalteng) yang secara administratif terletak di Desa Raja, Kota Pangkalan Bun, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalteng.

Istana Pangeran Mangkubumi yang dibangun sekitar tahun 1850 merupakan bangunan berbentuk panggung dengan struktur pendukung utama berbahan kayu ulin, seperti lantai, dinding, tiang, dan atap.

(Hardi/Beritasampit.co.id)

Foto : IST/BERITA SAMPIT – Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat berkunjung ke Istana Pangeran Mangkubumi