Pemprov Dalam Empat Tahun Bangun 392 Rumah Komunitas Adat Terpencil

IST/BERITA SAMPIT - Rian Tangkudung

PALANGKA RAYA – Berbagai program kerakyatan tersinergi antara PemerIntah Pusat dengan Provinsi Kalteng, baik mengenai. pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan hingga program bantuan kepada masyarakat terdampak covid-19.

Dalam empat tahun terahir, H Sugianto Sabran, saat menjabat Gubernur Kalteng sejak tahun 2016-Agustus 2020, yang juga mensinergikan program sinergi dengan pemerintah pusat, salah satunya upaya membantu masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Dengan mengkordinasikan melalui program Kementrian Sosial dari Dinas Sosial Provinsi Kalteng untuk membantu rumah layak huni dengan dilengkapi air bersih serta tempat nasitasi yang baik. Hal itu kolaborasi dengan Pemerintah Daerah serta Pemerinth Pusat, yang membantu melalui anggaran APBN dan diimbangi okeh APBD.

Dikonfirmasi mengenai berbagai bantuan sosial kepada masyarakat tersebut, plt Kadis Sosial Provinsi Kalteng Rian Tangkudung, menyampaikan untuk tahun 2016 Ada sebanyak 112 Kepala Keluarga (KK) Komunitas Adat Terpencil (KAT), dibuatkan rumah, yakni yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas dan Murung Raya. Tahun 2017 dialokasikan KAT di wilayah Gumas dan Katingan sebanyak 77 KK. Di Tahun 2018 ada 95 rumah dilaksanakan di Kotim.

BACA JUGA:   Bubarkan Aksi Tawuran, Ditsamapta Polda Kalteng Amankan Puluhan Remaja

Hingga di tahun 2019 ada di wilayah Tumbang Kaburai, Kecamatan Bukit Raya, Katingan serta dekat perbatasan Kalbar, dengan sebnyak 108 rumah.

“Itu semua hasil koordinasi Pemprov Kalteng melalui Dinas Sosial ke kementrian sosial sehingga tersalurkan bantuan pembuatan rumah untuk Komunitas Adat Terpencil. Mulai tahun 2016-2019 ada sekitar 390an buah rumah yang sudah dibangun dilengkapi air bersih dan sanitasi. Dana APBN dan ada juga APBD Provinsi, jadi saling bersinergi dan kolaborasi untuk membantu masyarakat terpencil,” kata Rian Tangkudung.

BACA JUGA:   Golkar Berhasil Rebut Delapan Kursi DPRD Kalteng, Abdul Razak Kandidat Kuat KH 1

Didampingi Sekretaris Budi Santoso, para Kabid dan Kasi, di kantor Dinas Sosial Provinsi, Jalan Suprapto, kemarin, Rian Tangkudung menyampaikan peogram bantuan untuk keluarga harapan, dimana tahun 2016 sebanyak 13 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tahun 2017 sebanyak 30 ribu lebih, tahun 2018 sebanyak 45 ribu lebih dan tahun 2019 sebanyak 44 ribu lebih, dengan total anggaran ratusan juta rupiah.

“Berbagai kegiatan atau program ditahun sosial di tahun 2020, karena pandemi covid-19, dialihkan bantuan sosial pangan dan tunai untuk warga terdampak di seluruh wilayah Kalteng,” jelasnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)