Survey: Ben-Ujang Jauh Tertinggal

IST/BERITA SAMPIT - Hasil Survei Charta Politika Indonesia

PALANGKA RAYA – Charta Politika Indonesia mengeluarkan survei preferensi politik masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Pengumpulan data dilakukan pada 13-19 Oktober 2020 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Berikut paparan hasil survie yang langsung diungkapkan Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya.

Jumlah sampel sebanyak 1200 responden yang tersebar di 13 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Tengah. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA:   Pembagian BST, Petugas Perketat Protokol Kesehatan

Dalam survei ini, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik, seperti, Sugianto Sabran menjadi kandidat yang paling dikenal responden, dengan tingkat pengenalan di atas 90 persen.

Sementara nama-nama kandidat lainnya masih memiliki tingkat pengenalan di bawah 60 persen. Pada nama-nama kandidat yang ada, tidak ada kandidat yang memiliki persepsi negatif dari masyarakat.

“Secara perorangan, Sugianto Sabran sebagai Calon Gubernur dan Edy Pratowo sebagai Calon Wakil Gubernur mendapatkan elektabilitas tertinggi,” terang Yunarto Wijaya.

Terkait pertanyaan elektabilitas pasangan, Sugianto Sabran – Edy Pratowo 58,3 persen mengungguli cukup jauh pasangan Ben Brahim S. Bahat – Ujang Iskandar 24,2 persen Sementara itu terdapat 17,5 persen responden yang menyatakan Tidak Tahu (TT) atau Tidak Jawab (TJ).

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Sinergi Dengan Bank Indonesia, Percepat Implementasi Elektronifikasi Transaksi

Sedangkan awareness publik mengenai Pilkada 9 Desember 2020 mendatang sudah tergolong merata di Provinsi Kalimantan Tengah 82,1.

“Antusiasme untuk ikut serta dalam Pilkada juga tergolong tinggi 78,0 persen,” katanya.

Selain itu masyarakat mengaku puas terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di bawah kepemimpinan Sugianto Sabran – Habib Said Ismail 79,5 persen.

“Sebanyak 63,3 persen responden menyatakan merasakan adanya perubahan di Provinsi Kalimantan Tengah selama kepemimpinan Sugianto Sabran. Perubahan yang dirasakan terutama pada pembangunan jalan 41,0 persen.,” pungkasnya.

(Hardi/Beritaaampit.co.id)