Bansos Pemprov Tahap II Berlanjut Sampai Pelosok Desa

IST/BERITA SAMPIT - Bantuan sosial (Banso) Pemprov Kalteng tahap dua terus disalurkan hingga pelosok desa

PALANGKA RAYA – Pemerintah provinsi Kalimatan Tengah (Pemprov Kalteng) terus berkomitmen membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19, bahkan bantuan sosial (Banso) Pemprov Kalteng tahap dua terus disalurkan hingga pelosok desa dibarbagai Kabupaten-kota.

“Untuk tahap pertama Pemprov Kalteng sudah menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat sebanyak 63 ribu kepala keluarga (KK), dan bantuan tahap kedua sembako sebanyak 12 ribu lebih kepala keluarga (KK). Sebagian wilayah sudah berjalan, dan ini masih bergerak untuk penyaluran sampai ke pelosok desa” kata Plt Kadis Sosial Provinsi Kalteng, Rian Tangkudung, Senin 2 November 2020.

Ia juga mengatakan sebagian Kabupaten telah penyalurnya sudah selesai dilakukan seperti di wilayah Barito, wilayah Kotwaringin dan Katingan, Gunung Mas serta Palangka Raya. Sementara di wilayah Kapuas, dan daerah lainya berjalan sampai pertengahan bulan November nantinya dan berahir Desember 2020.

“Penyaluran terus dikerjakan di lapangan oleh petugas untuk membantu masyarakat sehingga tersalurkan langsung,” kata Rian Tangkudung.

Didampingi Sekretaris Budi, serta Kabid dan Kasi Dinas Sosial Provinsi, Rian Tangkudung menyebut penanganan Pemprov sangat serius dalam menyalurkan dan membantu masyarakat yangvterdampak bencana alam, seperti kebakaran, banjir dan lainya.

“Pemprov Kalteng dinilai oleh pusat bereaksi ceoat dalam penanganan serta membantu masyarakat dalam penanganan bantuan bencana. Seperti dampak kebakaran, banjir dan lainya. Yang jelas penyaluran cepat, serta melakukan pendataan lanjutan agar masyarakat dapat terbantu,” kata Rian.

Pemprov Kalteng melalui Dinas Sosial juga mendorong pihak perusahaan untuk meningkatkan CSR dalam membantu masyarakat di wilayahnya masing masing bersinergi dengan pemerintah sehingga masyarakat dapat terbantu, seperti bedah rumah, bantuan sosial pendidikan, kesehatan hingga lainya.

“Pemprov Kalteng terus mendorong pihak perusahaan untuk bersama sama dalam membantu masyarakat, dengan sistem CSR. Dan bantuan itu sudah banyak tersalurkan kepada masyarakat, Dinsos terus mendorong sinergi itu agar membantu warganya,” jelas Rian.

(Kawit/beritasampit.co.id)