Dewan Sarankan Pendataan Penduduk Miskin di Murung Raya Secara Detail

IST/BERITA SAMPIT- Ketua Komisi III DPRD Murung Raya, Akhmad Tafruji SP

PURUK CAHU – Ketua komisi III DPRD Murung Raya (Mura), Akhmad Tafruji menyarankan dan memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura melakukan pengkajian terhadap data penduduk miskin di Mura tahun 2019 pada urutan 3 dengan jumlah penduduk termiskin terbanyak di Provinsi Kalteng.

“Saran kami kedepan, bagi Pemkab Mura untuk melakukan pendataan dari basis desa hingga kecamatan secara detail guna mengetahui penyebaran masyarakat miskin di setiap Kecamatan hingga Desa,” kata Ahmad Tafruji, Rabu 4 November 2020.

BACA JUGA:   Anggota Fraksi PPP Minta Inspektorat Perkuat Kawal Pengelolaan Dana Desa

Dirinya menyampaikan alangkah baiknya pendataan yang diambil tidak dilakukan secara global yang terhimpun sekaligus pada data keseluruh per Kabupaten melainkan lakukan pendataan secara detail yang mengacu kepada data Badan Pusat Statistik (BPS).

Misalkan sebut, Tafruji desa A jumlah masyarakat miskin terdapat sekian banyaknya dan mengetahui apakah masyarakat miskin di wilayah bersangkutan rata-rata pada sektor pertanian, pertambangan atau perikanan.

Ketua Fraksi PAN ini juga menyampaikan guna program yang diberikan dapat tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan presentase masyarakat miskin disetiap kecamatan maupun desa.

BACA JUGA:   Tolak UU Cipta Kerja, Ketua PKS Mura: Berimbas Bagi Daerah dan Akan Merugikan Masyarakat

“Sehingga kita dapat memberikan program yang tepat bagi desa dan kecamatan tersebut. Apabila kita memiliki database kalangan masyarakat miskin pada satu Kecamatan atau desa itu pada sektor apa, program yang diberikan saya yakin akan tepat sasaran,”jelasnya.

Mengingat lanjutnya data yang diketahui sejauh ini hanya secara global ditingkat Kabupaten, sehingga agak sulit mengetahuinya, secara detail basis masyarakat miskinnya. (Lulus/beritasampit.co.id)