Resmi Dilantik, Yudea Pratidina Pimpin Batamad Katingan

PELANTIKAN : ANNAS/BERITASAMPIT - Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah, Yuandrias, saat melantik pengurus Batamad Kabupaten Katingan, di gedung Salawah Kasongan, pada Kamis 5 November 2020.

KASONGAN – Komandan Brigade Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak (Batamad) Kabupaten Katingan periode 2020-2025, resmi dilakukan pengukuhan dan pelantikan oleh Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah, Yuandrias, di gedung Salawah Kasongan, pada Kamis 5 November 2020.

Terpilih menjadi Komandan Brigade Batamad Kabupaten Katingan periode 2020-2025 yaitu Yudea Pratidina, serta didampingi pengurus-pengurus Batamad lainnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Bupati Katingan Sakariyas, perwakilan Polres Katingan, Ketua DAD Katingan, Kejaksaan Negeri Katingan, Perwira Penghubung Katingan, Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Katingan, Damag, Mantir Adat, Camat Katingan Hilir serta tamu undangan yang hadir.

Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah, Yuandrias, mengatakan sebagaimana ditegaskan dalam Perda 16 tahun 2008, bahwa Batamad adalah Sub-Organisasi majelis adat dayak nasional, dewan adat dayak provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang mempunyai tugas khusus untuk mengawal perjuangan masyarakat adat dayak.

Bentuk perjuangan tersebut untuk mempertahankan keberadaannya, membantu tugas Damang dalam menegakan hukum adat dan mengantisifasi gangguan terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di daerah perbatasan.

BACA JUGA:   Dinas Dukcapil Katingan Tingkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya Batamad harus senantiasa dan selalu bersinergi dengan DAD Provinsi maupun tingkat Kabupaten, beserta pihak kepolisian, TNI, Kejaksanaan serta tokoh masyarakat adat Indonesia lainnya, sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik,” jelas Yuandrias.

Dengan demikian, dalam menjalankan tugas dan fungsi tersebut Batamad bukanlah partai politik, LSM ataupun Ormas Keagamaan.

“Karena Batamad adalah Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak dari semua lapisan dan lintas profesi, yang peduli dan menjaga Budaya dan hukum adat dayak seutuhnya,” pungkasnya.

Dalam Kesempatan itu juga. Bupati Katingan Sakariyas, mengucapkan selamat atas telah dilantiknya pengurus Batamad yang baru dan dengan harapan kelembagaan adat yang di kenal dengan barisan pertahanan masyarakat adat dayak, dapat semakin baik dan semakin maju, serta mampu mewujudkan masyarakat adat yang lebih baik, sejahtera dan bermartabat.

BACA JUGA:   Kotak Amal di Masjid dan Musala Menjadi Sasaran Pencurian Pemuda Ini 

“Semoga seluruh pengurus Batamad dapat bekerja ikhlas dalam pengabdiannya Karena, harapan masyarakat begitu besar di pundak saudara-saudara. Tentunya bersama seluruh jajaran penegak hukum negara dan perangkat daerah, dapat terus bersinergi untuk memperkuat kelestarian budaya dengan pendekatan kearifan lokal, yaitu adat budaya dayak itu sendiri,” jelas Sakariyas.

Sementara itu, Komandan Brigade Batamad Kabupaten Katingan periode 2020-2025 yaitu Yudea Pratidina, juga mengucapkan terimakasih kepada Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah melantik dan mengukuhkan pengurus Batamad Kabupaten Katingan periode 2020-2025.

Yudea Pratidina, menjelaskan mengajak seluruh pengurus jajaran untuk bergandengan tangan dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat dengan terus mengedepankan prinsip dan folisofi Huma Betang yang didasari empat prinsif utama.

“Yaitu Kejujuran, Kesetaraan, Kebersamaan, dan menjunjung tinggi berlakuklnya hukum adat dan hukum nasional, serta sesuai dengan vis misi Bupati Katingan menuju Katingan yang bermartabat,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)