Yose Hernando Resmi Dilantik Jadi Ketua IPI Kalteng, Diharapkan Mampu Lakukan Inovasi Baru

PELANTIKAN : HARDI/BERITA SAMPIT - Suasana pelantikan Pengurus Daerah IPI Provinsi Kalteng.

PALANGKA RAYA – Yose Hernando resmi dilantik menjadi Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2020 – 2023. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IPI T. Syamsul Bahri dan didampingi oleh Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng, Sri Widanarni di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalteng, Kamis 5 November 2020.

Sri Widanarni mengatakan, bahwa pelantikan Pengurus Daerah IPI Kalteng Periode 2020-2023 merupakan awal janji dan tekad bagi para pengurus untuk dapat menyisihkan waktunya dalam mengabdi kepada organisasi profesinya. Dia berharap kepengurusan periode ini, kekompakan, kerjasama dan semangat saling membantu dapat terlaksana, terutama dalam mengembangkan jejaring, dan komitmen terhadap profesi pustakawan.

BACA JUGA:   Wacana Sekolah Tatap Muka Masih Proses Penyesuaian, Akan Melibatkan Banyak Pihak

“Agar kedepan peran IPI semakin nyata dan dirasakan bagi anggotanya, yaitu sebagai wadah yang dapat memajukan dan memberikan perlindungan profesi bagi Pustakawan sesuai amanah Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,” tutur Sri Widanarni.

Sri menjelaskan profesi kepustakawanan saat ini, tidak hanya berkutat pada persoalan melek huruf atau minat baca, melainkan juga melek media. Menurutnya, kini sudah tiba waktunya untuk mendidik diri sendiri, keluarga dan masyarakat untuk menyaring dan mengelola informasi agar relevan dan bermanfaat.

Dikatakan Sri, sudah waktunya kita menyebut dengan bangga bahwa profesi pustakawan tidak bisa dikalahkan oleh search engine di situs web mana saja atau media apa saja, kerena kemampuan subtantif pustakawan yang bersifat unik. Keunikan yang akan terus dieksplorasi dan asah melalui komunitas IPI.

BACA JUGA:   Sekda Palangka Raya Harap CPNS Baru Dapat Membawa Perubahan

“Saya berharap melalui pengukuhan Ketua dan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah juga menjadi suatu solusi dalam pengentasan rendahnya minat baca masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya.

Diharapkan kedepannya IPI mampu melakukan inovasi-inovasi baru dalam berbagai lompatan. Sehingga IPI akan menjadi organisasi profesi yang unggul di tanah air dan dunia internasional, dengan layanan berbasisi inklusi sosial melalui pemanfaatan teknologi.

“Selamat dan sukses IPI, semoga semakin jaya dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan, kemampuan, serta lindungan kepada kita semua sebagai pribadi maupun insan yang bertugas melayani masyarakat melalui perpustakaan sarana belajar sepanjang hayat,” katanya. (Hardi/beritasampit.co.id).