Deklarasi Tiga Pilar Wujudkan Pilkada Aman, Sejuk dan Damai

PANGKALAN BUN – Demi terciptanya suasana yang aman, sejuk dan damai di lingkungan masyarakat menjelang pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Desember mendatang, Koramil 1014 – 02/Kumai bersama dengan Polsek Pangkalan Lada dan Aparat Kecamatan Pangkalan Lada menggelar kegiatan Deklarasi Tiga Pilar Kecamatan Pangkalan Lada di Kantor Kecamatan Pangkalan Lada Kab. Kotawaringin Barat, Jum’at (6/11/2020).

Hal ini merupakan dari upaya pemerintah daerah bekerjasama dengan TNI, Polri untuk menciptakan sinergitas tiga pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades/Lurah), penyamaan persepsi dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait demi terwujudnya Pilkada yang sejuk, aman dan damai.

“Kita ciptakan sinergitas tiga pilar dengan seluruh elemen masyarakat. Tujuannya untuk mewujudkan Pilkada yang sejuk, aman dan damai,” kata Serda Jumadi mewakili Danramil 02/Kumai.

Menurutnya, jika setiap institusi menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, serta didukung oleh seluruh elemen masyarakat, maka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang akan digelar pada bulan Desember mendatang, akan sukses dan aman. (man/rls)

 

 

2

 

Babinsa Koramil Tumbang Miri Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Lingkungan Sekolah Dasar

 

KUALA KURUN – Babinsa Koramil 1016-08/Tumbang Miri jajaran Kodim 1016/Palangka Raya Serda Feronie mensosialisasikan protokol kesehatan kepada siswa siswi SDN 2 Tumbang Pasangon, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kabupaten Gunung Mas, yang merupakan dalam rangkaian satgas desa tangkal covid 19 pada hari kamis tanggal 05 November 2020.

 

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Serda Feronie menjelaskan, sosialisasi sebagai bentuk pencegahan di kalangan siswa sebab proses pendidikan tatap muka kini kembali digelar di wilayah kecamatan kahayan hulu utara tepatnya di desa tumbang pasangon.

 

“Mari anak – anak untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dalam setiap aktifitas,” kata Feronie di hadapan para peserta didik.

 

Dikatakan selain di kalangan anak didik, para dewan guru juga harus mengutamakan protkes selama proses belajar mengajar, sehingga proses pendidikan dapat terus berjalan lancar.

 

“Melalui imbauan ke sekolah diharapkan dapat merangkul adik kita agar tertib dan disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah berkembangnya virus corona,” ujarnya.

 

Menurutnya, peran para guru dalam mengawasi di sekolah sangat diharapkan serta dukungan orang tua siswa untuk membimbing anaknya.

 

“Dengan kondisi saat ini pandemi Covid-19 anak-anak dapat lebih giat lagi belajar di sekolah dan di rumah agar tidak ketinggalan pelajaran,” tutupnya. (Pendim 1016/Plk)

 

 

3

 

Persit KCK Cabang XLI Kodim 1015/Spt di Desa Tangkal Covid

 

SAMPIT – Ibu Ketua Persit KCK Cabang XLI Kodim 1015/Spt  Ny. Dini Handayani laksanakan kegiatan Pembagian Masker di Desa Tangkal Covid-19, bertempat di pasar besar seruyan jalan Mayjen Suprapto,kuala pembuang Satu,kecamatan seruyan hilir,kab seruyan, Kamis (05/11).

 

Adapun kegiatan Pembagian Masker di Desa tangkal Covid-19 kepada Warga Masyarakat dan Menyampaikan Desa bebas covid dengan menerapkan 3M ( mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak ), tetap selalu Menyampaikan tentang penggunaan Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:   Danrem 102/Pjg Vicon dengan Dandim se Kalteng

 

Ny. Dini Handayani menyampaikan di sela-sela kegiatan Penerapan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 tetap harus berpedoman pada protokol kesehatan yaitu, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita sekalian untuk hidup lebih sehat dengan secara terus menerus menegakkan disiplin protokol kesehatan,” tutur Ny. Dini Handayani .

 

“Kegiatan pembagian masker Di Desa Tangkal Covid-19 dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 merupakan bagian dari kepedulian Persit KCK Cabang XLI Kodim 1015/Spt untuk menangani masalah sosial dan kemanusiaan, yang dilaksanakan bersifat fisik maupun non fisik,” tambah Ibu Ketua Persit KCK Cabang XLI Kodim 1015/Spt.

 

“Kami Persit KCK Cabang XLI Kodim 1015/Spt   akan terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19, Semoga dengan adanya kegiatan pembagian masker gratis sekaligus sosialisasi ini masyarakat akan sadar dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, karena ini perlu kesadaran kita semua”, Pungkas Ibu Ketua Persit KCK Cabang XLI Kodim 1015/Spt.

 

 

4

 

Kodim 1015/Spt Canangkan Satgas Desa Tangkal Covid-19

 

SAMPIT – Dalam rangka percepatan penanganan virus Corona di wilayah Kalteng, Kodim 1015/Sampit melaksanakan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 yang dilanjutkan dengan pembagian masker secara gratis di seluruh Wilayah Kodim 1015/Spt.

 

Wilayah yang disasar diantaranya Kabupaten Seruyan dengan taerget pasar besar Seruyan Jalan Mayjen Suprapto, Kuala Pembuang Satu, Kecamatan Seruyan Hilir, Kab Seruyan.

 

Dandim 1015/Spt Letkol Czi Achmad Safari, S.H yang di dampingi Ibu Ketua Persit KCK Cabang XLI Kodim 1015/Spt  Ny. Dini Handayani langsung melakukan pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di balaidesa Bangun harja, Kamis (05/11).

 

Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di Kabupaten Seruyan ditandai dengan penyerahan pembagian masker secara gratis di pasar besar seruyan

 

Dandim 1015/Spt Letkol Czi Achmad Safari, SH  menjelaskan, pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dilatarbelakangi adanya petunjuk Satgas Covid-19 Pusat serta pertimbangannya terkait kasus terkonfirmasi di wilayah Kabupaten Seruyan sudah mulai meningkat

 

“Kita harus melakukan upaya-upaya secara cepat, dengan pencanangan Satgas Tangkal Covid-19 sampai di tingkat desa bahkan sampai tingkat RT,” jelas Dandim 1015/Spt Letkol Czi Achmad Safari, SH

 

Dandim 1015/Spt Letkol Czi Achmad Safari, SH berharap, dengan Satgas sampai ditingkat desa nantinya diharapkan dapat mensitimulus individu-individu di masyarakat agar memiliki kesadaran melaksanakan protokol kesehatan khususnya 3 M

 

“Bagaimana masyarakat selalu menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak. Hal inilah yang harus menjadi budaya,” kata Dandim 1015/Spt Letkol Czi Achmad Safari, SH.

 

“Diharapkan tingkat kesadaran masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan bisa menjadi suatu kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian apabila ini sudah tercapai, otomatis adaptasi kebiasaan baru akan terwujud. Kalau ini semua sudah terwujud kita aman dari Covid pasti akan produktif masyarakatnya,” harap Dandim 1015/Spt Letkol Czi Achmad Safari, S.H. (rls)

BACA JUGA:   Dandim 1014/Pbn Dukung Prajurit yang Mengikuti Lomba Dayung

 

 

5

 

Koramil 1015-16/Pbh Lakukan Sosialisasi Kewaspadaan Dini

 

KUALA PEMBUANG -Koramil 1015-16/Pbh melakukan sosialisasi Kewaspadaan Dini dari  Kesbangpol Kab.Seruyan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Danau Seluluk Kab. Seruyan, Kamis (05/11)

 

Danramil 1015-16/Pbh Kapten Inf Maspur menjelaskan cara membatasi ruang gerak kelompok radikal diwilayah yaitu dengan cara pendekatan  melalui  kegiatan keagamaan secara santun

 

Seperti mengadakan pengajian rutin di rumah warga atau tempat tempat yang telah disepakati bersama  secara bergilir, dengan demikian secara tidak langsung pemikiran yang menyimpang dengan norma Agama bisa di tekan dan secara dini bisa di atasi serta dicari jalan keluar yang terbaik

 

Danramil 1015-16/Pbh Kapten Inf Maspur dalam sambutannya sekalian sebagai Narasumber kegiatan tersebut menyampaikan aspresiasi kepada masyarakat terlebih dan semua yang begitu tanggap tentang pentingnya kewaspadaan dini

 

“Kita sangat mengapresiasi kepada masyarakat dan semua pihak yang begitu tanggap tentang pentingnya kewaspadaan dini sehingga terciptanya keharmonisan dan keamanan dilingkungannya,” ungkap Kapten Inf Maspur

 

“Dengan adanya Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang di singkat FKDM, kedepan diharapkan memberi kenyamanan terhadap warga dengan sendirinya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bisa terjamin.” Tambah Danramil 1015-16/Pbh. (rls)

 

 

6

 

Disiplin Protokol Kesehatan, Koramil 1015-04/Tbs Gelar Operasi Yustisi

 

KASONGAN – Untuk meningkatkan pendisiplinan protokol kesehatan, bersama Tim Satgas Covid-19, Babinsa Koramil 1015-04/Tbs rutin menggelar Operasi Yustisi penegakan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

 

Kegiatan Operasi Yustisi penegakan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 bertempat di Pasar Tumbang Samba Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah, Selasa (03/11) pada pukul 08.00 WIB .

 

Danramil 1015-04/Tbs Letda Inf Paino mengatakan bahwa sasaran operasi yustisi itu adalah penjual dan pembeli di Pasar Tumbang Samba Desa Samba Danum

 

Operasi yustisi yang melibatkan  Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Katingan Masriadi, Kasi Penegakan Penindakan dan Per Undang-Undangan Sat Pol PP Kabupaten Katingan Budiman L Gaol, Kapolsek Katingan Tengah IPDA Bahrul Ilmi,S.Sos), Danramil 1015-04/Tbs diwakili Serka Deny. N, Lurah Samba Kahayan Syahrianor, Kasi Trantib Kecamatan Katingan Tengah Tajudin Nor, 7 Personil Polsek, 30 Personil Sat. Pol PP, dan 4 Personil Kecamatan.

 

“Untuk sanksi yang diberikan berupa teguran tertulis, dan kerja sosial dengan memungut sampah di sekitar lokasi Operasi,” terang Letda Inf Paino

 

Letda Inf Paino kembali menegaskan agar masyarakat selalu memakai masker saat keluar rumah. Sebab, selain dapat menyelamatkan diri sendiri juga ke orang lain dari ancaman virus corona.

 

“Apalah susahnya pakai masker saat berada di luar rumah, ini semua demi kebaikan kita bersama,” tandas Danramil 1015-04/Tbs. (rls)