Jelang Akhir Tahun, Jangan Ada Kegiatan Bermasalah dan Tidak Selesai

WAWANCARA : ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan, Sakariyas

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, bahwa dirinya sudah membuat surat ke masing-masing SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan. Surat ini terkait adminsitarsi pembayaran terhadap pelaksanakan proyek atau kegiatan akan dilakungan hingga batas waktu 15-20 Desember 2020.

Dengan demikian, untuk jelang akhir tahun anggaran 2020, semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemkab Katingan diminta untuk mempehatikan seluruh kegiatan atau proyek yang sedang berjalan.

” Hal ini dimaksudkan, agar nantinya tidak sampai bermasalah hingga terseret ke ranah hukum. Artinya, semua kegiatan harus selesai sebelum tanggal tersebut,” terang Bupati Sakariyas saat diwawancara sejumlah wartawan, di depan Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Rabu 4 Nopember 2020 kemaren siang.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Teken MoU Bersama Kementerian Kesehatan RI Terkait Pendayagunaan Dokter

Lanjutnya menjelaskan, misalnya nantinya pekerjaan tersebut tidak selesai, maka harus dibayarkan sesuai dengan realisasi fisiknya saja. Jadi, tidak boleh dibayarkan 100 persen, sementara fisik pekerjaan tidak selesai sesuai yang telah direncanakan.

“Memang pada Tahun 2020 ini banyak hambatan dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Terlebih sekarang ini, sudah memasuki musim penghujan. Seperti yang melaksanakan pekerjaan pembangunan jalan, jembatan dan box culvert, tentu musim penghujan sangat berpengaruh sekali,” ucapnya.

Dirinya mencontohkan, bisa dilihat sendiri dalam pembangunan box culvert di jalan menuju arah Petak Bahandang, Kecamatan Tasik payawan. Baru-baru ini sempat sekitar tiga hari tidak turun hujan, sehingga sempat mencor bagian lantainya. “Itu pun, tidak dilakukan secara manual. Saya belum lihat bagaiamana pekerjannya sampai sekarang, karena sering turuh hujan,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Program Bangga Kencana dan Penurunan Angka Stunting Harus Mempunyai Tiga Indikator

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini, mengigatkan kepada para pengawas pekerjaan agar selalu aktif di lapangan. Sebab, selama ini katanya bagian pengawas, namun ternyata saat dicari di lapangan orangnya tidak ada. “Ini yang sering terjadi, saya tidak mau lagi sampai ada pihak pengawas yang seperti itu. Saya usah beberapa kali meminta SOPD terkait dan PPTK, agar melakukan pengawasan terhadap pihak konsultan pekerjaan,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)