Debat Sesi Pertama, Ini Isu yang Diangkat Dua Paslon Pilkada Kalteng

PERISAPAN - Persiapan Debat paslon Gubernur dan wakil Gubernur Kalteng yang diselenggarakan oleh KPU Kalteng.

SAMPIT – Debat publik pertama yang menampilkan dua pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Nomor urut 1 Ben Brahim dan Ujang Iskandar, kemudian nomor urut 2 H Sugianto Sabran dan Edya Pratowo yang disiarkan melalui salah satu televisi Nasional, menyita perhatian masyarakat Kalteng.

Debat pertama kali ini mengambil Memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta pemerataan pembangunan dan kebijakan penanganan covid 19. Pada kesempatan atau segmen pertama, yang diberikan oleh moderator Naila Husna kepada pasangan nomor urut 2, Sugianto Sabran, yang diberikan waktu dua menit tiga puluh detik. Lebih dulu meminta doa kepada warga Kalteng.

“Sebelum saya menyampaikan visi misi kami memohon doa dari seluruh masyarakat Kalimantan tengah atas berpulangnya ayahanda kami tercinta H Sabran Bin Ahmud di rumah sakit Medistra Jakarta Jumat 6 November 2020. Semoga almarhum Khusnul khotimah dan mendapat syafaat dari Rasulullah shalallahu alaihi wassalam,” ungkap Sugianto.

Lanjut Sugianto, berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kalimantan tengah atas dukungan dan kerjasamanya selama ini sehingga tercapainya pembangunan dalam 4 tahun terakhir dengan demikian pembangunan Kalimantan memerlukan keberlanjutkan dalam berbagai sektor dalam 5 tahun kedepan.

BACA JUGA:   Habib Ismail Apresiasi Sukamara Off-Road Adventure

“Kita mesti melanjutkan yang sudah ada menuntaskan yang masih separuh jalan dan berinovasi untuk mempercepat tercapainya tujuan pembangunan karena itu visi kami adalah terwujudnya Kalteng semakin berkah yaitu bermartabat dan harmonis dalam mewujudkan visi misi Kalimantan berkah,” kata Sugianto.

“Kami menerapkan 5 misi, 1 mempercepat pembangunan ekonomi yang produktif kreatif dan berwawasan lingkungan 2 memperkuat ketahanan daerah mengantisipasi perubahan global 3 mewujudkan pemerintahan yang baik melalui 4 mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang cerdas sehat berdaya saing 5 menentukan kata yang beriman berbudaya dan dan kesetaraan gender satu kunci yang kamu inginkan sebutkan lanjutkan kami mengajak bapak Ibu saudara-saudari seluruh elemen masyarakat Kalimantan tengah untuk menjadi bagian dari gerakan bersama untuk melanjutkan pembangunan,” tambah Sugianto dalam waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, pasangan nomor urut 1 yang diberikan kesempatan setelah pasangan Sugianto – Edy. Ben mengatakan bahwa pihaknya juga menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya ayahanda tercinta untuk Sugianto Sabran semoga beliau diterima di sisi Allah.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Akan Biasakan Anak-Anak Belajar Wirausaha Sejak Dini

“Sumber daya alam kita sangat kaya, namun kita bisa lihat masih banyak masyarakat yang miskin pengangguran dan infrastruktur yang sangat buruk akibatnya kita lihat banjir dimana-mana seluruh wilayah Kalimantan Tengah,” ungkap Ben.

“Pemerintah provinsi mestinya hadir paling depan menyelesaikan persoalan ini, dan kami hadir dengan visi besar mewujudkan maju sejahtera dan mandiri dan mempunyai program yaitu memberikan beasiswa untuk S1, S2, S3 dan juga memberikan BPJS secara gratis memberikan memberikan sembako dan juga akan membangun jalan jalan yang rusak, pelabuhan airport dan haji dan prasarana yang lainnya akan hadir paling depan membela hak-hak masyarakat dan tanah adat masyarakat Kalimantan tengah sendiri bersama pemimpin perubahan hujan baru maju dan bermartabat,” tutup Ben pada segmen pertama.

(jimmy)