Masyarakat Diingatkan Patuhi Protokol Kesehatan

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat melakukan pendampingan rapid test

PALANGKA RAYA – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya mendampingi rangkaian rapid test yang digelar pada pada salah satu yayasan yang berada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu 7 November 2020.

Sebanyak 265 orang mengikuti rangkaian pemeriksaan Covid-19 tersebut, yang dilakukan petugas gabungan dari Polresta Palangka Raya, TNI, Satpol PP dan Instansi Pemerintahan Kota Palangka Raya beserta para relawan dari berbagai ormas.

“Dari rangkaian rapid test, dilakukan juga swab test kepada 22 orang dan skrining TBC kepada 23 orang, dengan hasil 263 orang dinyatakan non-reaktif, sedangkan 2 orang dinyatakan reaktif Covid-19 dan segera dilakukan tindakan medis lanjut,” kata Kabagops Polresta Palangka Raya, Kompol Hemat Siburian.

Dirinya yang bertugas sebagai salah satu Koordinator Lapangan (Koorlap) pada Satgas tersebut menambahkan, petugas juga menyampaikan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat setempat.

“Selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan langkah 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan mencuci tangan saat beraktivitas sehari-hari, demi menangkal resiko penularan Virus Corona,” ucapnya.

BACA JUGA:   1,6 Juta Dosis Vaksin Untuk Kalteng, Dewan Minta Masyarakat Percaya Kepada Pemerintah

Selesai mendampingi rapid test tersebut, Tim Satgas melanjutkan pengawasan pendisiplinan prokes pencegahan Covid-19 pada acara Walikota Cup Road Race yang diselenggarakan pada Sirkuit Balap Kelurahan Sabaru, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Terapkan disiplin prokes bagi seluruh masyarakat yang hadir dan para peserta maupun pihak panitia, demi menghindari terjadinya resiko penyebaran Virus Corona, yang kita ketahui bersama sangat mudah menular dan amat berbahaya,” Ucapnya
Selain mengawasi prokes, beberapa personel Polresta Palangka Raya juga disiagakan guna mengawal dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat pada keberlangsungan turnamen balap motor tersebut.
IST/BERITA SAMPIT – Petugas saat melakukan pemeriksaan kesehatan personil

Ditempat terpisah, Tim Kesehatan Lapangan (Keslap) Biddokkes Polda Kalteng juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh personel yang sedang bertugas pada Kantor Bawaslu yang menjadi bagian objek vital pemilu yang harus diamankan.

BACA JUGA:   Kejati Kalteng Ungkap Modus Dugaan Korupsi Pupuk

Pemeriksaan kesehatan ini dipimpin oleh Kabiddokkes Polda Kalteng Kombes Pol dr Danang Pamudji melalui Iptu Imam Sunarto.

“Pemeriksaan kesehatan untuk para personel yang sedang bertugas di Bawaslu ini merupakan agenda rutin kita untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan fit dan sehat” kata Iptu Imam Sunarto.

Selain itu juga dikatakan, kegiatan deperti ini akan terus dilaksanakan hingga berakhirnya tahapan Pilkada Kalteng tahun 2020 ini nantinya, terlebih dimasa pademi saat ini yang masih berlangsung kesehatan para personel yang mengemban tugas pegamanan harus menjadi prioritas utama yang harus dijaga agar terhindar dari Virus Covid 19.

“Kita berharap semua personel yang sedang bertugas selalu dalam kondisi prima apalagi sebentar lagi pesta demokrasi pilkada akan dilaksanakan 9 Desember mendatang” pungkasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)