Hari Pahlawan Momentum Meningkatkan Rasa Kesetiakawanan Sosial

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri saat mewakili Plt Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya menghadiri kegiatan Anjangsana dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2020 sekaligus Launching Bantuan Sosial Tahap III, bertempat di LKSA Berkah Jalan G. Obos Km 5,5 No. 570 Palangka Raya, Selasa 10 November 2020.

Turut hadir, yang mewakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Sekretaris Pekerjaan Umum Provinsi Kalteng, Dinas Perkim Provinsi Kalteng, Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Bulog Provinsi Kalteng dan Dirut Bank Kalteng.

Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan dari Plt Gubernur Kalteng yang dibacakan oleh mengungkapkan bahwa Peringatan Hari Pahlawan 10 November tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2020 mengangkat Tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, adapun aktualisasi tema tersebut diterapkan dengan pelaksanaan kegiatan Anjangsana dan Penyerahan Bantuan Sosial. Bagian daripada rangkaian peringatan hari pahlawan selain memberikan bantuan kepada para pejuang Veteran, juga dengan memberikan bantuan kepada Panti Asuhan Berkah.

Pemberian bantuan pertama diberikan kepada 50 orang Veteran sebagai bentuk rasa hormat Pemerintah Provinsi Kalteng atas perjuangan mereka merebut kemerdekaan RI khususnya di Provinsi Kalteng dan dilanjutkan dengan Penyerahan Bantuan Sosial kepada salah satu Lembaga kesejahteraan Sosial BERKAH Palangka Raya yakni Panti Asuhan Berkah. Adapun tujuan Penyerahan bantuan kepada Panti Asuhan untuk membantu keberlangsungan hidup dari Panti Asuhan tersebut.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Rumuskan Langkah Kewajiban Rehabilitasi DAS bagi Pemegang IPPKH dan PPKH

“Dengan momentum Peringatan Hari Pahlawan 10 November tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2020 ini, mari kita tingkatkan nilai-nilai kesetiakawanan, kepedulian Sosial dan membantu sesama yang memerlukan khususnya para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, untuk pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh warga Kalteng,” ucapnya.

Kegiatan Anjangsana dan penyerahan Bantuan Sosial yang dilaksanaan saat ini merupakan wujud nyata hadirnya Pemerintah Provinsi Kalteng ditengah para pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial yang berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dimana Keberadaan Panti ini adalah bagian daripada membantu keadilan negara karena sesuai dengan Undang Undang, bahwa fakir miskin dan anak terlantar, yatim piatu menjadi tanggung jawab Negara. Tetapi peran daripada LKS yang secara inisiatif bagaimana ikut serta membantu negara dalam mengasuh anak-anak Yatim Piatu.

BACA JUGA:   Pejabat Daerah Kalteng Hadiri Rapat Koordinasi bersama Mendagri

Bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kalteng berupa bahan makanan sebanyak 35 paket diserahterimakan dalam keadaan baik, baru dan lengkap. Diterima langsung oleh pengurus panti, Sardimi.

Dalam kesempatan ini pula pengurus Panti Asuhan Berkah, Sardimini melaporkan bahwa perjalanan panti asuhan ini kurang lebih berdiri selama 3 tahun terdata ada sebanyak anak Yatim dan Piatu 20 orang, anak Brocken Home (perceraian) 26 orang dan Duapa 37 orang, ada pula anak-anak sekitar yang tinggal di luar Panti ikut sekolah dan belajar di panti namun dari keluarga yang kurang mampu. Sehingga keseluruhan anak berjumlah 88 orang. Untuk pengasuh anak-anak panti berasal dari berbagai Kabupaten di Kalteng, salah satunya dari trans Pangkoh.

“Kami sangat menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Provinsi Kalteng yang telah memberikan perhatian berupa bantuan kepada anak-anak di panti asuhan ini,” kata Sardimi.

Disamping memberikan bahan makanan Pemerintah Provinsi Kalteng juga memberikan bantuan berupa alat-alat kesehatan kepada panti Jompo dan juga bantuan makanan lainnya kepada semua panti asuhan yang ada di Kalteng.

(Hardi/ Beritasampit.co.id)