Pemkab Barut Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Pahlawan

SHP/BERITA SAMPIT - Sekda Barito Utara saat membacakan amanat Menteri Sosial RI

MUARA TEWEH – Peringati Hari Pahlawan 10 Nopember tahun ini, Pemkab Barito Utara gelar Upacara Bendera dalam Memperingati Hari Pahlawan tahun 2020 tersebut dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, Selasa 10 November 2020.

Upacara Hari pahlawan yang dilaksanakan secara serentak di dua lokasi tersebut, dilkaukan di Taman Makam Pahlawan Dharma Persada Muara Teweh yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Bupati Barito Utara H Nadalsyah dan di halaman kantor Bupati Barito Utara bertindak selaku inspektur upacara Sekretaris Daerah H Jainal Abidin.

Dengan diikuti peserta dari TNI, Polri, BPBD, POL PP, serta ASN Lingkup pemkab Barut, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.

Kegiatan upacara Hari Pahlawan Ke-75 kali ini diawali dengan upacara penghormatan serta mengheningkan cipta selama 60 detik kepada arwah para pahlawan yang telah berjasa memberikan kemerdekaan kepada Bangsa dan Negara Indonesia.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan, dengan memperingati Hari Pahlawan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

BACA JUGA:   Curah Hujan Tinggi, Mukim Dalam Kota Muara Teweh Tergenang

“Kepada para pejuang yang telah gugur, semoga kami dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang bermanfaat untuk bangsa dan negara tercinta” Jelas H.Nadalsyah, di TMP Dharma Persada Barito Utara.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tabur bunga sebagai tanda kehormatan kepada jasa para pahlawan yang telah berjuang dan meraih kemerdekaan bangsa Indonesia serta dilanjutkan dengan pemberian tali asih oleh Bupati H.Nadalsyah sebagai wujud kehormatan kepada para pejuang dan veteran dan diakhiri dengan foto bersama.

Adapun ditmpat halaman kantor Bupati Barito Utara, saat membacakan amanat Menteri Sosial RI, H Jainal Abidin menyampaikan hendaknya seluruh masyarakat Indonesia dapat mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa atas limpahan dan rahmatNya pada saat ini seluruh pelosok tanah air dan perwakilan RI di luar Negeri dapat melaksanakan upacara Bendera dan mengheningkan cipta 60 detik untuk Memperingati Hari Pahlawan dengan khidmat walau dalam situasi dan kondisi pandemi Covid 19 saat ini.

BACA JUGA:   Sugianto Minta Pendukungnya Perangi Hoaks di Pilkada

Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri Negara ini.

Dimana katanya lagi, nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar terus dapat tumbuh bersemi didalam hati sanubari rakyat Indonesia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan, bentuk apresiasi terhadap partisipasi dusun Transbangdep desa Bintang Ninggi I dalam Program Kampung Iklim (PROKLIM) dari Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan penyerahan kendaraan Operasional Masyarakat Peduli Api di Kecamatan Teweh Selatan oleh Sekda Barut.

(shp.beritasampit.co.id)