Hikmah Pandemi Covid 19, Dunia Pendidikan Semakin Berkembang

IST/BERITA SAMPIT - Para guru saat mengikuti Bimtek

BANJARMASIN, KALSEL – Dimasa Pandemi 19 banyak cara dan kreativitas ,inovasi sebagai elemen ubah perilaku.

Salah satunya adalah dunia pendidikan yang terus berinovasi dan mau tidak mau guna mengatasi dan memutuskan mata penyebaran Covid 19 sektor pendidikan harus “melek teknologi ” dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banjarmasin berencana menerapkan proses pembelajaran daring berbasis E-Learning agar para generasi penerus bangsa terus mendapat asupan pelajaran.

Dalam implementasinya proses pembelajaran akan menggunakan aplikasi E-learning, yang direkomendasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Rencana tersebut dimantapkan dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh Guru, di Hotel Rodhita Banjarmasin, Jumat 13 November 2020.

BACA JUGA:   Pertengahan Oktober 9 Kabupaten dan Kota di Kalsel Tidak Ditemukan Kasus Covid-19

Menurut Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Gusti Nuardi pembelajaran daring berbasis E-Learning dapat memudahkan pihaknya dalam proses penilaian akhir semester.

“Sekarang kelihatannya lebih mudah, sebab sudah ada beberapa Guru yang sudah memakai aplikasi itu,” katanya Jumat 13 November 2020.

Dirinya juga mengatakan ada hikmah dibalik covid 19 yaitu para tenaga pengajar harus “melek teknologi” dan meningkatkan sumber daya manusia( SDM) yang kini memahami pentingnya Teknologi.

“Setelah dipelajari, ternyata E-Learning ini memiliki fitur-fitur berbeda dengan aplikasi lain. Kepala Madrasah, bisa memantau proses belajar tersebut, dan juga hasil belajar langsung bisa dimasukan kedalam rapor,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Perilaku 3M Terus Disosialisasikan Sambut Perubahan Perilaku

Sementara itu Kepala MAN 1 Banjarmasin, Dra Naimah menilai, aplikasi E-Learning tersebut dapat memudahkan proses pembelajaran di sekolah. Sebab menurutnya dengan E-Learning semua aktivitas belajar.

“E-Learning sangat baik sekali untuk digunakan, terlebih di masa pandemi ini, sebab Kepala Madrasah bisa memonitor pelaksanaan setiap mata pelajaran oleh Guru,” ujarnya.

“Kami juga bisa memonitor kehadiran Murid, dan juga Guru. Selain itu juga melalui E-Learning ini Kami bisa mengevaluasi, jadi Saya bisa menilai Guru, dan Guru bisa menilai Murid,” Pungkasnya.

.(Mery Triyana/ beritasampit.co.id)