Kodim 1015/Sampit Gelar Wisata Matematika Bela Negara

SAMPIT – Hari Kamis pagi (12/11) merupakan momen istimewa bagi jajaran Kodim 1015/Sampit. Tampak sejumlah pelajar datang menyambangi markas TNI yang beralamat di jalan MT Hariyono no. 50 Kelurahan MB Hilir Kecamatan MB Ketapang Kabupaten Kotim. Kehadiran pelajar dari beberapa sekolah ini hendak mengikuti “Wisata Matematika Bela Negara (WMBN)”.

Usai kegiatan, Kepala Staff Kodim 1015/Sampit Mayor Arh Siswanto mengatakan, “Sudah saatnya generasi muda menginterpretasikan lebih luas makna wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan cinta terhadap satuan TNI guna mempertahankan kedaulatan NKRI,” ujar Kepala Staff Kodim 1015/Sampit

Menurut Kepala Staff Kodim 1015/Sampit Mayor Arh Siswanto, pada jenjang ini merupakan prospek yang tepat, untuk mengokohkan kembali jiwa nasionalisme para pelajar sehingga pada akhirnya dapat menjadi bekal untuk mengarungi dinamika kehidupan di masa mendatang

Saat dikonfirmasi terkait manfaat kegiatan ini, perwira menengah itu pun mengaku senang dan bersyukur. Pasalnya, setelah disosialisasikan beberapa waktu lalu, program ini telah menjadi daya pikat bagi para pelajar untuk memperkaya wawasan kebangsaan mereka. Semoga dengan upaya ini, kita berharap dapat bermanfaat untuk generasi muda, kata Hendri Wijaya dalam keterangannya.

Kemudian, menyoroti besarnya manfaat yang terkandung dari wisata ini membuat guru pendamping merasa bersyukur dan bangga atas dedikasi yang dilakukan oleh anggota TNI.Eko salah satu siswa berujar, “Bukan hanya sambutan saja yang luar biasa, tetapi dari permainan ini dapat menghasilkan generasi yang luar biasa,” pungkasnya.

Para peserta dengan penuh semangat menggali wawasan seputar TNU,Permainan Wisata Matematika dan berbagai pertanyaan yang menyangkut materi belanegara sampai disuguhkan cara menanamkan bela negara lewat cara berpikir supra rasional.

Selain itu, tanggapan seluruh peserta sangat antusias pasca mengikuti program ini, salah satu pelajar turut menyambut senang dan bersyukur atas apa yang telah diajarkan oleh anggota TNI. Terlebih, pelajar kelas sepuluh ini menaruh harapan besar agar kedepannya acara positif seperti ini dapat berjalan secara rutin dan berkesinambungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh smk N 1 sampit, Sma N 2 sampit, Sma N 3 sampit, Sma N 1 Katingan Hilir, Smk N 1 sampit, Smk N 1Kuala Pembuang Dan dimenangkan oleh Juara 1 dari SMA N 2 sampit, Juara 2 dari Smk N 1 kuala Pembuang serta Juara 3 dari Sma N 1 Sampit. (rls)