Masa Pandemi Covid-19, Anak Sekolah dan Guru Dukung Pekan Peduli Orangutan 2020

IST/BERITA SAMPIT - Anak-anak sekolah dan guru, usai menanam bibit pohon melakukan foto bersama.

PANGKALAN BUN – Dimasa pandemi Covid-19 sejumlah anak-anak sekolah dan guru di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendukung Pekan Peduli Orangutan 2020 dengan melakukan penanaman bibit pohon Mendoking 100 batang.

Dorprawati Siburian, SH staf kampanye khusus Orangutan di Orangutan Foundation International (OFI) mengatakan, bahwa kegiatan ini terlaksanakan atas dukungan anak-anak sekolah dan gurunya, seperti dari perwakilan anggota pencinta alam SMPN-1 Arut Selatan SMPN-7 Arut Selatan dan perwakilan anggota konservasi SMAN-2, serta perwakilan anggota konservasi SMK BIM. Hingga total peserta hanya 24 orang.

“Saat pelaksanaan semua pakai masker dan selama kegiatan jaga jarak,“ kata Dorprawati, Rabu 13 November 2020.

BACA JUGA:   Bukan Hanya Ada  di Cirebon, Musik Obrog-Obrog Pembangun Sahur Ternyata Juga Ada di Kota Kumai, Kotawaringin Barat

Dikatakan Dorprawati, Pekan Peduli Orangutan tahun 2019 mereka melakukan pawai dan kunjungan wisata gratis ke Taman Nasional Tanjung Puting, tetapi karena saat ini situasi pandemi Covid -19, Pekan Peduli Orangutan tahun ini 2020 hanya melakukan kegiatan penanaman pohon dengan waktu yang sangat terbatas sekali, dan kegiatan ini dapat terlaksana atas semangat dari masing -masing perwakilan sekolah.

Dijelaskan Dorprawati, semua bibit pohon yang ditanam adalah bibit pohon hasil semaian anak-anak sekolah tahun lalu yang tanam di Herbarium OFI .

“Sekarang tanaman tersebut sudah siap tanam, adapun tema Pekan Peduli Orangutan 2020, adalah ORANGUTAN  SAHABAT ALAM LINDUNGI DARI KEPUNAHAN, tema ini disepakati melalui zoom meeting kampanye Orangutan Foundation International bersama anak – anak sekolah,“ jelas Dorprawati.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Menerima Penghargaan Inspiring Profesional and Leadership Awards 2024 dari Asean Choise

Tujuan  dari kegiatan ini adalah Penyadartahuan dan Pembentukan Karakter Generasi Muda untuk Kepeduliannya akan keberadaan Orangutan di Alam saat ini.

“Begitu pula bagi seluruh lapisan masyarakat semuanya tanpa terkecuali, kelestarian Orangutan dan Habitatnya adalah tanggung jawab kita bersama. Karena jika Orangutan hidup lestari di Alamnya  Flora Fauna lainnya juga akan lestari,” pungkas Dorprawati. (Man/beritasampit.co.id).