Mabiran Gerakan Pramuka Pulau Hanaut Berikan Motivasi Tentang Kepemimpinan

SOSIALISASI : IST/BERITA SAMPIT - Mabiran gerakan pramuka Kecamatan Pulau Hanaut Eddy Mashami ketika menyosisalisasikan tentang motivasi kepemimpinan.

SAMPIT – Sebanyak 60 anggota gerakan pramuka mengikuti sosialisasi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) pramuka. Kegiatan itu diselenggarakan Dewan Kerja Ranting Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dipusatkan di SMA PGRI Pulau Hanaut.

Salah satu materi yang disampaikan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) gerakan pramuka Kecamatan Pulau Hanaut Eddy Mashami mengenai motivasi kepemimpinan.

Eddy menjelaskan, motivasi merupakan kekuatan, baik dari dalam maupun dari luar yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Prasasti TMMD Dikebut

“Motivasi adalah sebuah proses berkelanjutan sebab sifatnya yang naik dan turun. Sedangkan para pemimpin dapat menciptakan sebuah lingkungan yang bersifat memotivasi anggota tim secara penuh,” ujarnya dihadapan anggota pramuka, Minggu 15 November 2020.

Menurutnya, motivasi kepemimpinan tidak hanya sebatas teori. Dia mengharapkan mampu direalisasikan misalnya, pemimpin itu memiliki fungsi direktif yakni, pimpinan secara terus menerus menjelaskan kepada bawahan terkait dengan tujuan yang dicapai, rencana tugas yang dikerjakan.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Optimis Pekerjaan Fisik Kelar Tepat Waktu

Selain itu, lanjutnya, supportive leader yaitu, pimpinan harus mampu menunjukan sikap peduli pada bawahannya dengan cara-cara yang bersahabat.

Ditambahkannya, pemimpin juga harus bisa menerapkan Participative leader yakni, pimpinan dapat berkonsultasi dengan bawahannya dan menanggapi saran serta masukan bawahan sebelum mengeluarkan sebuah keputusan atau kebijakan.

“Berkaitan dengan motivasi dalam kepemimpinan, seorang pimpinan selain dituntut untuk mampu dalam memotivasi anggotanya juga dituntut untuk mampu dalam memotivasi diri sendiri,” tandasnya.(ifin/beritasampit.co.id)