Petani Harus Jadi Perhatian, Dewan : Infrastruktur  Memadai Sangat Membantu

IST/BERITA SAMPIT - Budy Hermanto

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Dapil II yang meliputi Kecamatan Kamipang, Tasik Payawan, Mendawai dan Katingan Kuala, Budy Hermnato menyampaikan jika memang infratruktur yang memadai akan sangat membantu para petani dalam memasarkan hasil Pertanian, pangan dan perkebunannya ke pusat Kota.

Pasalnya, selama ini para petani sering mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil pertanian dan perkebunannya karena infrastruktur yang kurang memadai.

“Infrastruktur  disetiap wilayah  memang menjadi sentra produksi pertanian dan pangan, oleh sebab itu kita Infrastuktur terutama di wilyah Selatan bisa terbuka dan dapat menjadikan seluruh akses jalan dan jembatan yang ada di seluruh Kabupaten Katingan menjadi baik,” Kata Budy, Senin 16 November 2020.

BACA JUGA:   Dewan Minta Kesejahteraan Guru di Wilayah Pelosok Diperhatikan

Budy menyampaikan jika memang selama ini keluhan petani yang sering didengar adalah masalah infrastruktur yang membuat pemasaran hasil pertanian menjadi terkendala, akibatnya hasil pertanian itu tidak bisa langsung menjangkau pasar yang akhirnya dijual kepada para pengepul dengan harga yang lebih murah sehingga petani tidak memperoleh hasil yang maksimal.

Menurutnya politis Gerinda itu selama ini pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan masih ada yang belum menyentuh wilayah-wilayah pertanian, padahal masalah tersebut merupakan bagian vital untuk meningkatkan sektor pertanian yang saat ini masyarakat yang sebagian besar menggantungkan hidup pada sektor pertanian tersebut.

BACA JUGA:   Pengurus MUI Katingan yang Baru Diharapkan Bisa Menyejukkan Hati Masyarakat

“Sudah saatnya Pemerintah Daerah (Pemda) memikirkan hal-hal yang memberikan kemudahan terhadap aktivitas para petani tersebut, jika infrastruktur layak sudah tentu sangat berperan besar dalam meningkatkan hasil produksi padi dan komoditi lainnya,”tandasnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)