Tingkatkan Pelayanan, Dinas Kesehatan Lamandau Launching Publik Safety Canter 119

ANDRE/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, bersama Ketua DPRD Lamandau Bashar, Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo, Dandim Letkol Inf Hafesst Isjafrin, perwakilan Kejari dan Kepala Dinkes Lamandau, Rosmati menerbangkan balon sebagai tanda peresmian Publik Safety Canter 119.

NANGA BULIK – Untuk meningkatkan pelayanan tingkat gawat darurat, tingkat dasar hingga rujukan rumah sakit, Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Dinas Kesehatan melaunching Publik Safety Center 119 Lamandau bergerak Cepat (PSC 119 LBC).

Launching PSC 119 LBC ini juga bertepatan dengan memperingatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 di Aula Dinas Kesehatan yang langsung diresmikan oleh Bupati Lamandau H Hendra Lesmana, Senin 16 November 2020

Dalam sambutanya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau Rosmawati mengatakan, bahwa PSC 119 LBC sebagai upaya pemerintah melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional.

“Dengan prinsip time saving is life and limb, diharapkan dapat menjamin respon cepat dan tepat untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan setiap orang yang mengalami kegawatdaruratan di wilayah Kabupaten Lamandau,” ungkapnya.

Rosmawati menyebut, petugas yang terlibat dalam PSC 119 LBC meliputi Tim Medis yang menyiapkan pelayanan ambulan gawat darurat, penyelamatan korban yang akan ditangani oleh Tagana dan unit pemadam kebakaran, petugas pengamanan dari Satpol PP, TNI dan Kepolisian serta dibantu oleh masyarakat.

“Untuk pelaksanaan kegiatan penanganan kegawatdaruratan sehari-hari pra rujukan, yang diarahkan pada respon intervensi guna menghindari kematian sebelum dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, H. Hendra Lesmana mengapresiasi terbentuknya PSC 119 LBC sebagai perwujudan visi misi Pemerintah Daerah untuk bergerak cepat membangun Kabupaten Lamandau demi terciptanya kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan.

“Program ini sudah ada dalam visi misi dalam kampanye saya sebelumnya, meskipun baru sekarang, namun semangat kita untuk mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat harus terus kita tingkatkan,” ungkapnya. (Andre/beritasampit.co.id).