Dinas Ketahanan Pangan Gelar Sosialisasi Diversifikasi Pangan Lokal

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy

PALANGKA RAYA – Dalam rangka gencarkan diversifikasi pangan lokal, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng menggelar Sosialisasi Diversifikasi Pangan lokal Non Beras Tahun 2020.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy hadir mewakili Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri untuk membuka kegiatan sosialisasi tersebut, bertempat di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng pada, Rabu 18 November 2020.

Penyelenggaraan sosialisasi ini sekaligus dalam rangka untuk mendukung program Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal Tahun 2020, yang telah dicanangkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada pertengahan Agustus lalu, dengan kampanye “Kenyang Tidak Harus Nasi”. Gerakan ini merupakan salah satu strategi penyediaan pangan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 saat ini dapat menimbulkan sejumlah dampak negatif bagi sektor ketahanan pangan dan kita menyadari berbagai tantangan dalam upaya mewujudkan pemantapan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy.

BACA JUGA:   BPK-RI Lalukan Pemeriksaan, Kabarnya Terkait Kasus di Salah Satu Instansi di Kotim

Edy menjelaskan lebih lanjut, berbagai tantangan tersebut, antara lain seperti terjadinya perubahan budaya yang harus mengikuti protokol kesehatan, terjadinya penurunan daya beli masyarakat, nenurunnya pertumbuhan ekonomi, belum meratanya masyarakat mengkonsumsi makanan yang memenuhi kaidah beragam, bergizi seimbang dan aman, sehingga permintaan bahan pangan lebih banyak tertuju pada beras dan, pemanfaatan lahan terlantar yang masih belum optimal.

Untuk menjawab tantangan-tantangan itu, diversifikasi pangan lokal non-beras dapat menjadi salah satu solusi penting untuk terus menjaga dan bahkan memantapkan ketahanan pangan di masa pandemi ini. Oleh sebab itu, Sekda Fahrizal Fitri berharap bahwa kegiatan sosialisasi ini dapat menggencarkan program diversifikasi pangan lokal non beras kepada seluruh lapisan masyarakat.

BACA JUGA:   Tim SAR Palangka Raya Masih Cari Remaja Tenggelam, Lima Hari Pencarian Belum Ditemukan

“Salah satu kegiatan penguatan pangan lokal adalah dengan Sosialisasi Diversifikasi pangan lokal. Saya mengharapkan kepada peserta sosialisasi dapat menggelorakan Diversifikasi Pangan Lokal sampai tingkat rumah tangga dan juga sebagai ketahanan pangan keluarga,” pungkasnya.

Melalui Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal Non Beras ini diharapkan dapat menurunkan ketergantungan masyarakat akan konsumsi beras, dan meningkatkan konsumsi pangan lokal non beras, seperti ubi kayu, talas atau sumber karbohidrat lainnya.

Selain itu, juga dapat menumbuhkan UMKM pangan sebagai penyedia pangan lokal, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lilies Suriani, ibu-ibu TP PKK Provinsi Kalteng dan kelompok tani Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

(Hardi/Beritasampit.co.id)