Pemprov Kalteng Dukung Kegiatan Bela Negara Bersifat Konkret

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Tengah, Hamka saat membuka webinar sosialisasi dengan tema kesadaran bela negara lingkup pekerjaan di Pemerintah Provinsi Kalteng.

PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalteng, Hamka memberikan sambutan dan membuka acara web seminar (webinar) sosialisasi dengan tema “kesadaran bela negara lingkup pekerjaan di Pemerintah Provinsi Kalteng”. Kegiatan Webinar ini diikuti Hamka dari ruang kerjanya Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 18 November 2020.

Hamka menyampaikan sambutan dari Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya. Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalteng terus mendukung kegiatan bela negara yang bersifat konkret dan telah melaksanakan berbagai kegiatan serta bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan RI dan 14 kabupaten dan kota se-Kalteng.

Kegiatan tersebut berupa sosialisasi kesadaran bela negara, sosialisasi penanaman ideologi cinta tanah air dan bangsa pada generasi muda (pelajar dan mahasiswa), membentuk forum bela negara tingkat provinsi dan kabupaten dan kota se-Kalteng, melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati hari bela negara yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 19 Desember, dan memberikan materi “nilai-nilai dasar bela negara” bagi calon pegawai negeri sipil.

BACA JUGA:   Kemenag: Kalteng Belum Terlihat Hilal

Dengan ini, disampaikan Hamka, bahwa kita harus memiliki kemampuan bela negara, sebagai implementasi hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam konstitusi. Memasuki era milenial ini, tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara dan keutuhan maupun keselamatan segenap bangsa tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer, tetapi sudah bersifat multidimensional dan berada disetiap lini kehidupan.

BACA JUGA:   Indeks Potensi Radikalisme di Kalteng Mengalami Penurunan

“Oleh karena itu bentuk aktulialisasi kecintaan kepada tanah air atau patriotisme dan nasionalisme sudah tentu jauh berbeda dengan era perjuangan para pendahulu kita, karena bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi pun berbeda,” jelasnya

Dengan kegiatan sosialisasi kesadaran bela negara yang dilaksanakan secara Webinar ini diharapkan pemahaman sistem pertahanan yang bersifat semesta dapat lebih meningkat untuk mewujudkan Provinsi Kalteng yang BERKAH (bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis).

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, melalui Hamka, mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, khususnya Direktorat Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI dalam hal ini bersedia menunjuk Kalteng sebagai tempat penyelenggaran kegiatan ini. (Hardi/beritasampit.co.id).