Dewan Dukung Usulan Raperda Pembentukan Perseroda

AHMAD/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mendukung penuh keinginan Pemerintah Kabupaten Seruyan membentuk Perseroan Daerah (Perseroda) guna menyokong Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah setempat.

Dalam draf rancangan peraturan daerah atau Perda yang diusulkan ke DPRD Seruyan, perusahaan perseroan daerah bersama PT Tiga Pelangi tersebut nanti akan menggali potensi berbagai bidang sektor usaha.

“Perseroda ini terkait dengan potensi kita kedepan, terutama soal PAD, saat ini kita tahu bahwa APBD terus menurun karena dampak pandemi corona ini,” kata Eko.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Cek Persiapan Personel dan Sarpras Pengamanan Pilkada

Dia menyebut, saat ini ada sekitar 30-an lebih Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi di Seruyan dan banyak kegiatan yang memiliki potensi, sehingga perseroda bisa ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

“Kita tidak muluk-muluk, setidaknya kita berupaya bahwa ada gambaran peningkatan PAD kedepannya dengan adanya Perda tersebut katanya, nantinya dinas terkait bisa memanfaatkan untuk menggali PAD kita,” ujarnya.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Pimpin Sertijab 6 Kapolres Jajaran

Menurut dia, awalnya ide itu agar bisa berkontribusi, tidak hanya untuk Perusda saja namun perusahaan-perusahaan skala kecil pun bisa bergabung di situ. Jadi tidak mematikan usaha masyarakat.

Dia juga menyampaikan jika perusahaan ini jalan otomatis PAD akan meningkat seperti di kota-kota besar dan bisa menggarap berbagai macam usaha baik di bidang perhotelan, pariwisata, angkutan dan lainnya. (ASY)