Lomba Wisata Matematika Bela Negara Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda 

PANGKALAN BUN – Untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan dan budi pekerti bagi generasi muda. Banyak cara yang dapat di lakukan salah satu cara yang menyenangkan yakni melalui Lomba Wisata Matematika Bela Negara yang di laksanakan oleh Kodim 1014 / Pbn dengan melibatkan pelajar SLTA yang ada di wilayah Kotawaringin Barat antara lain SMUN 3 Pangakalan Bun, SMK Muhammadiyah Pangakalan Bun, SMUN 1 Pangakalan Bun dan SMUN 1 Kumai.
Kegiatan yang dilaksanakan pada siang tadi, Rabu (18/11) di lapangan apel Makodim itu, di gelar berbagai macam permainan yang dapat mengasah ketangkasan, kekompakan, kerja sama dan tentunya tak kalah penting yaitu menambah pengetahuan wawasan kebangsaan.
Dandim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, menjelaskan bahwa Lomba Wisata Matematika Bela Negara merupakan kegiatan sangat penting. Tidak hanya melibatkan peran anggota TNI, tetapi guru, dan pelajar juga ikut serta dalam kegiatan ini.
“Dampaknya sangat positif, Pada awalnya matematika dipandang menyeramkan. Keunikan permainan matematika bela negara diharapkan membawa angin segar bagi pelajar untuk menyenangi matematika,” kata Dandim.
Dirinya menambahkan keterlibatan guru, dan siswa diyakini akan efektif meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan kebangsaan. Selain memiliki  daya tarik, kegiatan Lomba Wisata Matematika Bela Negara ini akan menjadi bekal bagi generasi muda agar memiliki intelektual yang tinggi dan berbudi pekerti.
Salah satu siswi asal SMK Muhammadiyah Pangakalan Bun yang juga mengikuti kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan Lomba Wisata Matematika Bela Negara ini sangat  berkesan.
“Melalui kegiatan ini, saya dapat mengetahui wawasan kebangsaan, permainan matematika, dan tidak kalah menariknya, di pimpin oleh anggota TNI yang ramah sebagai Instrukturnya,” katanya. (Rls)