Mensos Pastikan Bantuan Sosial Tepat Sasaran

Menteri Sosial Juliari Batubara Dalam Diskusi Dialektika Demokrasi, Kamis, (19/11/2020). Foto: beritasampit.co.id/ Adista Pattisahusiwa

JAKARTA— Menteri Sosial Juliari Batubara memastikan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 tepat sasaran.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Juliari secara virtual dalam diskusi dialektika demokrasi di gedung Nusantara III Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, (19/11/2020).

“Jadi, jawaban saya terkait bantuan sosial tentu dan pasti tepat sasaran. Saya juga sering turun ke lapangan berdialog langsung dengan masyarakat,” tegas Juliari.

Dialog dengan tema ‘Bantuan Langsung, Sudahkah Tepat Sasaran’ tersebut dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang, Anggota Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis dan Pakar Komunikasi Emrus Sihombing.

BACA JUGA:   Index Pembangunan Pemuda Naik, Legislator Golkar Bilang Begini!

Juliari mengatakan bahwa intruksi Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Sosial sejak awal maret lalu yakni intensifkan kesehatan dan perlindungan sosial kepadan masyarakat.

“Saat itu juga kita gerak cepat koordinasi dengan mitra kami di komisi VIII DPR RI terkait anggaran dari program reguler,” tandas Juliari.

Untuk memastikan ketepatan Bansos di tanah air khsusunya dalam situasi pandemi, Kementerian Sosial dalam hal ini telah memberikan ruang aspirai kepada masyarakat, melalui berbagai platform media yang bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat secara luas.

Keterbukaan ini kian menguatkan keyakinan bahwa bansos diberikan betul-betul untuk kesejahteraan masyaraka bawah yang masuk kategori miskin dan rentan terdampak covid-19. Dengan adanya ruang aspirasi tersebut, maka masyarakat bisa mengawasi secara langsung penyaluran bansos di daerahnya masing-masing.

BACA JUGA:   Gerindra Usulkan Menteri dari Kalimantan Tengah

Untungnya, lanjut Juliari, Kementerian Sosial dalam hal ini memang sudah ada program-program bantuan yang reguler seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Jadi kami yakin bantuan-bantuan itu sasarannya tepat, karena sudah ada monitoring untuk pastikan bansos bisa tepat sasaran. Ya memang yang namanya manusia pasti ada kekurangan, penyerapan anggaran kita juga lumayan bagus dan hal ini untuk sejahterakan masyarakat,” pungkas Juliari Batubara.

(dis/beritasampit.co.id)