Gelar Rapid Test, Polisi Ajak Patuhi Protokol Kesehatan

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat melakukan rapid test kepada staf Balai Taman Nasional Sebangau

PALANGKA RAYA – Dalam mengantisipasi tindak kejahatan jalanan selama tahapan pilkada Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020, personel Satbrimob Polda Kalteng yang terlibat dalam Satgas Tindak Operasi Mantap Praja Telabang 2020 laksanakan patroli keliling Kota Cantik Palangka Raya. Jumat 20 November 2020.

“Kegiatan patroli keliling ini tentunya rutin dilaksanakan oleh personel Satbrimob, yang mana tujuan dari pelaksanaan patroli ialah untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan jalanan, yang apabila terjadi tindak kejahatan personel Satbrimob siap bertindak tegas yang terukur,” kata Dansatbrimob Polda Kalteng Kombes Pol Bambang Widjanarko Baiin.

Dansatbrimob Polda Kalteng Kombes Pol Bambang Widjanarko Baiin menyatakan bahwa Satbrimob sendiri selalu siap dan siaga selama pilkada tahun 2020, terlebih pada saat tahapan kampanye sepeti saat ini.

“Tindakan tegas terukur terhadap pelaku kejahatan yang dimaksudkan ialah bisa berupa penangkapan terhadap pelaku kejahatan, namun meskipun bisa bertindak tegas atau represif, saya tetap menginginkan personel mengutamakan tindakan preventif dan preemtif, jika memang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi, barulah bertindak represif,” tuturnya.

IST/BERITA SAMPIT – Petugas saat edukasi atau pembelajaran keselamatan lalu lintas kepada anak Panti Asuhan Berkah

Selain itu, ditempat terpisah Satlantas Polresta Palangka Raya, kembali memberikan edukasi atau pembelajaran keselamatan lalu lintas kepada masyarakat di wilayahnya. Kasubnit Dikyasa, Aiptu Tri Marsono bersama rekannya menyampaikan edukasi tersebut saat menyambangi Panti Asuhan Berkah yang berada di Jalan G Obos, Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Brimob Kalteng Rutin Patroli Amankan Pelaksanaan Pilkada

Bersama anak-anak di panti asuhan tersebut, Tri mengedukasikan mengenai pentingnnya menaati segala peraturan saat berlalu lintas di jalan raya, guna menjaga keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

“Ketika mengendarai sepeda motor, wajib untuk menggunakan helm dan kaca spion, selain itu sangat penting untuk tidak sambil menggunakan Handphone maupun alat elektronik lainnya saat berkendara,” kata Kasubnit Dikyasa, Aiptu Tri Marsono.

Dirinya juga menambahkan, di tengah Wabah Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini sangat penting untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, mengingat angka pasien terkonfirmasi Virus Corona terus bertambah setiap harinya.

“Selalu gunakan masker, menjaga jarak fisik dan hindari kerumunan saat adik-adik semua berada di luar rumah, selain itu rajinlah mencuci tangan sebelum maupun sesudah beraktivitas, agar terhindar dari resiko penularan Virus Corona,” ucapnya.

Senada dengan upaya pencegahah, Tim Kesehatan Mobile (Kesmob) PCR Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Polda Kalteng kembali menerima layanan untuk melakukan Rapid Test kepada staf Kantor Balai Taman Nasional Sebangau Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Pimpin Apel Gelar Kesiapan Personel dan Sarpras, Ini Harapan Danrem 102/Pjg

Kegiatan ini dipimpin oleh Penda Tk I Titik Nurcahyani, dan didampingi dua orang petugas untuk melaksanakan pemeriksaan Rapid Test di Kantor Balai Taman Nasional Sebangau.

Kepala Balai Taman Nasional Sebangau Andi Muhammad Kadhafi, menyampaikan tujuan dari dilakukan Rapid Test kepada staf Kantor Balai Taman Nasional Sebangau ini sebagai antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Selama ini staf-staf kami bepergian keluar daerah tanpa terkecuali sering melakukan Tes di Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya Polda Kalteng dan Hari ini kami akan melakukan Rapid Test kepada 25 orang staf Kantor Balai Taman Nasional Sebangau,” kata Kepala Balai Taman Nasional Sebangau Andi Muhammad Kadhafi.

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Sebangau Kalteng Andi Muhmmad Kadhfi, terkesan atas kedatangan Tim Kesmob PCR Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya Polda Kalteng dan mengucapkan termakasih atas pelaksanaan Rapid Test tersebut.

(Hardi/Beritasampit.co.id)