Plt Gubernur Harap Program Penanaman Singkong Menaikkan Taraf Hidup dan Sumber Penghasilan Baru Masyarakat Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya.

MALANG – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya pada hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Timur, melakukan peninjauan langsung ke Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) di Desa Kendal Payak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jumat 20 November 2020.

Balitkabi Pakisaji ini merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), yang memiliki tugas melakukan penelitian tanaman aneka kacang dan umbi, antara lain ekofisiologi, pemuliaan, hama dan penyakit, pengelolaan dan pemanfaatan plasma nutfah, komponen teknologi, pascapanen dan penanganan hasil. Sejak 16 Desember 2014, Balitkabi ini telah dikukuhkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Aneka Kacang dan Umbi oleh Kementerian Ristek Dikti, dengan SK Menristek Nomor 48/M/Kp/XII/2014.

“Kunjungan saya kali ini untuk melihat langsung berbagai varietas tanaman pangan yang dikembangkan Balitkabi, dan selanjutnya mendapatkan masukan mengenai jenis varietas yang cocok dibudidayakan di Kalimantan Tengah,” kata Habib Ismail.

BACA JUGA:   Sat Reskrim Monitoring Ketersediaan Alkes di Kuala Pembuang

Lebih lanjut, Habib Ismail menjelaskan, selain program Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Pemerintah Pusat juga telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Kalteng untuk program pengembangan singkong di Kabupaten Gunung Mas.

“Kami kesini untuk mengetahui kesiapan Balai Penelitian ini untuk mendukung program Pemerintah Pusat ini. Tadi sudah dikatakan bahwasanya yang biasanya setahun cuma 25.000 stik, tahun ini Balitkabi diperintahkan untuk mempersiapkan 500.000 stik untuk singkong,” kata Habib Ismail.

Habib Ismail juga mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan juga Balitkabi, yang telah memulai dukungannya untuk proyek besarnya ini, cadangan lahan strategis yaitu ketahanan pangan di Kalteng untuk Indonesia.

“Harapan ke depan benar-benar program-program ini, khususnya penanaman singkong, bisa menaikkan taraf hidup dan menjadi sumber penghasilan baru dari masyarakat Kalimantan Tengah, (serta) menggunakan sumber daya alamnya berupa lahan yang luas ini, tidak menjadi lahan yang nganggur lagi, tapi menjadi lahan yang benar-benar bisa dioptimalkan penggunaannya,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Hadapi PON Papua, KONI Kalteng Bentuk Satgas Pelatda

Sementara itu, Plh Kepala Balitkabi Yuliantoro Baliadi menyambut, baik kedatangan Plt Gubernur Kalteng beserta rombongan dan menyatakan kesiapan Balitkabi untuk mendukung program pertanian di Kalteng.

“Suatu kehormatan Balitkabi dikunjungi. Saya mewakili Kepala Badan menerima Bapak Plt Gubernur dan jajarannya, kemudian siap untuk hadir, siap untuk mengikuti segala permintaan apapun yang nantinya di daratkan di Kalimantan Tengah, khususnya komoditas pangan,” kata Yuliantoro Baliadi.

Turut mendampingi Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya dalam kunjungan kerja tersebut, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B. Aden, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Sunarti, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Aster Bonawaty, Plt. Kepala Biro Perekonomian Said Salim, Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sutoyo, dan Kepala BPTP Kalteng Syamsuddin. (Hardi/beritasampit.co.id).