Polda Kalteng Jaga Kelestarian Budaya dan Junjung Tinggi Kearifan Lokal

IST/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

TAMIANG LAYANG – Untuk menjaga kelestarian budaya dan menjunjung tinggi kearifan lokal yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Polda Kalteng kembali merenovasi situs cagar budaya di Kabupaten Barito Timur.

Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, didampingi Kajati Provinsi Kalteng Mukri, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kabinda Kalteng Brigjen Pol. Slamet Urip Widodo, Bupati Bartim, Irwasda, Kombes Pol. Iman Prijantoro, dan pejabat utama Polda Kalteng meresmikan renovasi situs cagar budaya Makam Putri Mayang di Desa Jaar Kabupaten Barito Timur, Minggu 22 November 2020.

BACA JUGA:   Habib Ismail Rakornas Bersama Presiden, Bahas Pengendalian Inflasi Tahun 2020

Selain meresmikan renovasi situs sejarah, Irjen Pol. Dedi Prasetyo bersama rombongan juga memberikan tali asih berupa 100 paket sembako dan  masker serta mensosialisasikan protokol kesehatan jelang Pilkada tahun 2020 di Desa Jaar.

“Makam Putri Mayang ini merupakan tempat bersejarah yang dibangun oleh nenek moyang masyarakat dayak Kalteng beberapa abad lampau, serta sebagai tempat spritual untuk bersyukur kepada leluhur dan menyelaraskan hubungan manusia dengan alam,” kata Dedi Prasetyo.

BACA JUGA:   Menteri Agama Salurkan Bantuan Pesantren di Kalteng

Dedi berharap dengan telah direnovasinya situs budaya ini, nantinya dapat dijadikan sebagai wahana untuk melestarikan adat istiadat dan budaya serta sebagai perekat kerukunan hidup antara umat beragama di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Provinsi Kalteng.

Dedi juga menambahkan, agar pengunjung dan masyarakat setempat tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19, apalagi mendekati Pilkada bulan depan. (Hardi/beritasampit.co.id).