TNI, POLRI dan Sejumlah Instansi Dukung OFI Peringati Hari Pohon Sedunia 2020

PANGKALAN BUN – Orangutan Foundation International (OFI) memperingati Hari Pohon Sedunia 2020 selama tiga hari dari Jumat sampai Minggu, 22 November 2020. Kegiatan yang bertema “Mari Kita Menanam dan Merawat Pohon” ini didukung penuh TNI dan Polri serta instansi lain di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Menurut Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol (Arh) Derajad Tri Putro, bahwa Hari Pohon Sedunia 2020, dengan tema tersebut merupakan ajakan yang harus didukung oleh semua pihak dan masyarakat. Karena pohon adalah salah satu pelindung alam, yang kesuburannya harus dilestarikan.

“Saya sangat mengapresiasi, kepada Orangutan Foundation International (OFI) yang telah mengajak untuk melestarikan lingkungan dengan menanam pohon dan menjaga serta membersihkan pepohonan di Kota Pangkalan Bun dari gangguan seperti dipaku, diikat kawat dan lain sebagainya,” tuturnya.

Terpisah Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah saat dikonfirmasi pada Senin, 23 November 2020 mengatakan, kelestarian lingkungan hidup/alam dan hutan harus dipertahankan bersama.

“Dengan adanya kegiatan yang digelar Orangutan Foundation International (OFI) menanam pohon dan bersih-bersih pohon di Kota Pangkalan Bun, merupakan langkah positif yang kedepannya harus dilestarikan,” katanya.

Sementara itu, Dorprawati Siburian, SH Koordinator Kampanye Orangutan dari OFI juga penanggung jawab kegiatan tersebut mengatakan, bahwa memang kegiatan tersebut disambut luar biasa.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol (Arh) dan Bapak Kapolres AKBP Devy Firmansyah, yang telah mendukung kegiatan ini,” kata Dorprawati.

Dorprawati, juga mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungannya kepada jajaran Kodim, Polres, AURI, Dinas Lingkungan Hidup, KPHP, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perumahan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Penanggulan Bencana Daerah, Karang Taruna Keluaran Baru, Karang Taruna Kelurahan Mendawai, Karang Taruna Kelurahan Raja dan Gugus Bangkirai Pangkalan Bun.

“Dalam kegiatan menanam bibit pohon dan bersih-bersih batang pohon di pinggir jalan Kota Pangkalan Bun, kami mengerahkan sekitar 100 peserta, dibagi 5 regu, setiap regu 20 orang, dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan,” pungkas Dorprawati. (Man/beritasampit.co.id).