Alat Penghitung Awal Bulan Qamariyah Ada di Fakultas Syari’ah IAIN Palangka Raya

ALAT FALAKIYAH : ARIS/BERITA SAMPIT - Suasana hangat saat Dr. H. Abdul Helim, M.Ag bersama dosen dan mahasiswa mencoba salah satu alat falakiyah yang ada.

PALANGKA RAYA – Fakultas Syari’ah IAIN Palangka Raya mengadakan workshop falakiyah dengan mengusung tema ‘Pengenalan dan Penggunaan Alat-Alat Falakiyah’. Workshop yang diselenggarakan dari tanggal 25-26 November 2020 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II IAIN Palangka Raya, Dr. H. Sardimi, M.Ag di Aula Fakultas Syari’ah, Rabu 25 November 2010 pagi dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Peserta workshop yang terdiri dari dosen dan mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Hal itu disebabkan karena kehadiran alat tersebut menjadi sesuatu yang menarik bagi mereka.

BACA JUGA:   Pemkab Paser Kaltim Kunjungan Kerja ke Sukamara

Dekan Fakuktas Syari’ah IAIN Palangka Raya, Dr. H. Abdul Helim, M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa workshop ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pengembangan diri Fakultas Syari’ah dalam menyongsong perkembangan keilmuan dan teknologi, terutama di bidang ilmu falak.

“Dengan ketersediaan alat-alat falakiyah ini, diharapkan nantinya Fakultas Syari’ah IAIN Palangka Raya dapat berkontribusi dalam perhitungan dan penetapan awal bulan Qamariyah atau penetapan hari raya umat Islam dan termasuk juga menentukan arah kiblat di beberapa tempat,” ujar Abdul Helim.

BACA JUGA:   Menjelang Tahun Baru 2021, Gubernur Kalteng Cek Kondisi Jalan dan Jembatan

Lebih lanjut ia menjelaskan, workshop ini juga bertujuan untuk mengenalkan alat-alat falakiyah kepada mahasiswa secara langsung, agar nantinya mereka juga bisa memiliki kompetensi dan keahlian di bidang ini.

Diketahui narasumber kegiatan kali ini pun sangat berkompeten dan berkualitas. Seperti H. Fahrudin, S.Ag., M.AP., dan Asep Muhammad Perbawana serta dosen pengampu mata kuliah Ilmu Falak, Eka Suriansyah, M.Si. yang juga turut menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan. (Aris/beritasampi.co.id).