Dana Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Dimonitoring Pemerintah Pusat

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Kalimantan Tengah, Nurul Edy.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri diwakili Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kedua Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Dana Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca bencana Provinsi Kalteng Tahun Anggaran (TA) 2019 sampai 2020, bertempat di Swiss-Bell Hotel Danum Palangka Raya, Kamis 26 November 2020.

Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalteng diberikan mandat sebagai perpanjangan Pemerintah Pusat untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan Pemanfaatan Dana Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi. Dalam menjalankan fungsi tersebut tim telah meninjau langsung pelaksanaan di lapangan, melaksanakan Rakor dan memberikan laporan yang berisi hasil evaluasi dan rekomendasi kedepan kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB.

BACA JUGA:   Tim CRT Polresta Rutin Patroli Tekan Angka Kriminalitas Pasca Pilkada

“Pada TA 2019, Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Keuangan RI telah menyalurkan Dana Hibah dan Pemerintah kepada Pemerintah Daerah dalam rangka bantuan pendanaan rehabilitasi dan rokonstruksi pesca bencana dan Provinsi Kalteng diberikan kepercayan memanfaatkan dana hibah sebesar Rp. 42.939.073.000, yang terdapat di tujuh Kabupaten,” kata Nurul Edy membacakan sambutan tertulis Sekda Kalteng.

BACA JUGA:   Putus Penyebaran Covid-19, Polsek Seruyan Hilir Mengecek Sarpras Prokes di Pasar

Nurul Edy memberikan apresiasi dan penghargaan kepada empat Kabupaten yang telah selesai 100 persen yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kapuas, Gunung Mas dan Pulang Pisau. Sementara, untuk tiga Kabupaten yang masih belum selesai yaitu Kabupaten Murung Raya, Barito Selatan dan Katingan.

Nurul Edy meminta kepada tiga Kabupaten yang belum selesai 100 persen agar segera menyelesaikan pekerjaan dengan semangat dan mengambil langkah-langkah strategis untuk percepatan pemanfaatan Dana Hibah rehabilitasi dan rokonstruksi pescabencana Provinsi Kalteng TA 2019-2020. (Hardi/beritasampit.co.id).