Batamad Lamandau Resmi Dikukuhkan

IST/BERITA SAMPIT : Foto bersama setelah usai pengukuhan pengurus Batamad Kabupaten Lamandau tersebut berlangsung di Huma Betang Hapakat, Jln RTA Milono, Kota Palangka Raya, dan pengukuhan langsung dipimpin oleh Panglima Batamad Kalteng, Yuandrias.

NANGA BULIK – Komandan Brigade dan Pengurus Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kabupaten Lamandau periode 2020-2025, Kalimantan Tengah (Kalteng), secara resmi dilantik dan dikukuhkan, Sabtu 28 November 2020.

Pelantikan dan Pengukuhan pengurus Batamad Kabupaten Lamandau tersebut berlangsung di Huma Betang Hapakat, Jln RTA Milono, Kota Palangka Raya. Prosesi pelantikan dan pengukuhan langsung dipimpin oleh Panglima Batamad Kalteng, Yuandrias.

Komposisi kepengurusan inti Batamad Kabupaten Lamandau untuk lima tahun mendatang memercayakan Dedi Linando Amann sebagai Komandan Brigade. Adapun pada posisi sekretaris dan bendahara masing-masing diemban oleh Fery N. Talajan serta Mardoni Setiawan.

Dalam kesempatannya, Dedi Linanda Amann mengungkapkan bahwa Batamad Kabupaten Lamandau ke depan akan terus berupaya memaksimalkan perananan sesuai kapasitasnya. Batamad, kata Dedi, akan senantiasa berada pada garis perjuangan dalam mempertahankan hak masyarakat adat.

BACA JUGA:   Sekelompok Warga Rampas Bantuan Covid-19, Bupati Lamandau Berang

“Sebagaimana salahsatu tugas dan fungsinya, Batamad termasuk Batamad Kabupaten Lamandau juga harus selalu siap membantu DAD, Damang dan Mantir Adat untuk mengamankan setiap kebijakan yang diambil dan ditetapkan. Sebagai organisasi yang ada di Bumi Pertiwi, Batamad juga punya kewajiban untuk mengantisipasi dan menangkal berbagai potensi gangguan yang dapat merongrong NKRI,” tegasnya.

Dedi Linando Amann mengatakan, Batamad Lamandau di bawah kepemimpinannya melibatkan putra-putri daerah asli dayak yang ada di Kabupaten Lamandau yang berasal dari berbagai Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Kalteng, serta dari berbagai latar belakang dan profesi. Hal itu, kata Dedi, menunjukkan adanya upaya sedari awal untuk mengeratkan ikatan persaudaraan dan kekeluargaan sebagaimana falsafah Huma Betang.

BACA JUGA:   Usai Gagalkan Peredaran Narkoba 1 Kg Lebih, Polisi Kembali Tangkap 4 Pengedar Sabu

Terpisah, Sekretaris Batamad Fery N. talajan juga menyebut prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus Batamad Kabupaten Lamandau periode 2020-2025 dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan dan pengukuhan pengurus Batamad Barito Timur dan Gunung Mas dengan menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19, sehingga pengurus Batamad Lamandau yang dapat hadir hanya sebanyak 20 orang sesuai dengan surat tugas dari DAD.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DAD Kabupaten Lamandau Willin C. Okamoto yang juga adalah Anggota DPRD Provinsi Kalteng asal Kabupaten Lamandau, termasuk juga sejumlah perwakilan pengurus DAD dari kabupaten lainnya.

(Andre/beritasampit.co.id)