Satreskrim Polres Lamandau Ciduk Lima Pemuda Pencuri Buah Sawit Kelompok Tani

IST/BERITA SAMPIT - Lima tersangka pencuri buah sawit milik Kelompok Tani Suka Maju.

NANGA BULIK – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Lamandau berhasil menangkap lima orang pemuda terduga pencuri tandan buah sawit milik Kelompok Tani Suka Maju di Afdeling Og Block 38 Desa Bumi Agung, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau.

Lima orang pemuda yang ditangkap pada Kamis 26 November 2020 sekitar pukul 17.45 WIB itu yaitu berinisial JS (26), SN (23), AY (30), SP (34) warga Desa Bunut, dan AD (18) warga Desa Benakitan.

Hal ini dibenarkan Kasatreskrim Polres Lamandau, Iptu Juan Rudolf Waigu. Dia mengungkap, kejadian bermula saat SY (53) pengurus kebun sawit plasma milik Kelompok Tani Suka Maju mendapat informasi dari pemanen yang menemukan tumpukan buah sawit berada di dalam parit gajah.

BACA JUGA:   Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur

Merasa curiga, kemudian SY kembali ke rumah untuk memberi tahu kepada anggota kelompok tani yang lain dan melaporkan ke pihak Kepolisian untuk melakukan pengecekan menuju plasma tersebut.

“Kami mendapatkan laporan dari warga telah terjadi pencurian tandan buah sawit milik Kelompok Tani Suka Maju, Anggota kami langsung menuju lokasi dan mendapati ketiga  terlapor sedang memuat buah ke dalam mobil pikap dan dua terlapor berada di dalam mobil pikap Warna Hitam,” ungkap Iptu Juan, Minggu 28 November 2020.

BACA JUGA:   Bupati Lamandau Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2020
IST/BERITA SAMPIT – Barang bukti mobil pikap berisi buah sawit yang diamankan dari pelaku.

Dari lima pelaku, kata Juan, telah mengamankan barang bukti dua unit motor Yamaha merk Aerox dan merk yamaha R15. Satu unit pikap hitam mobil Carry, alat pemanen berupa dodos dan tojok serta sebanyak 80 janjang tandan buah sawit seberat 1,490 kilogram diamankan petugas ke Mapolres Lamandau.

“Kelimanya akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun. Kami juga meminta kepada masyarakat untuk terus memberikan informasi kepada pihak kepolisian jika terjadi tindak kejahatan,” pungkasnya. (Andre/beritasampit.co.id).