Zulkifli Hasan Ajak Seluruh Elemen Bangsa Bersinergi Menuju Indonesia Lebih Baik

Wakil Ketua MPR RI Zulkifli didampingi Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Siti Fauziah Saat membuka acara Pagelaran Seni Budaya (PSB) seni musik Islami Qasidah yang ditampilkan sekitar 45 kelompok se-kabupaten Lampung Selatan, Sabtu, (28/11/2020). Dok: Humas MPR RI

LAMPUNG– Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak seluruh elemen bangsa baik pemerintah dan rakyat untuk bersinergi kuat untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Tanpa hubungan harmonis antar anak bangsa, jangan harap Indonesia bisa berubah menuju kesejahteraan bersama,” tutur Zulkifli saat membuka acara Pagelaran Seni Budaya (PSB) seni musik Islami Qasidah yang ditampilkan sekitar 45 kelompok se-kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan itu dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan Forum Jamaah Pengajian Lampung Selatan, di aula SMA Kebangsaan, Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (28/11/2020).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR Siti Fauziah, SE, MM, Ketua DPW PAN Provinsi Lampung Irham Jafar Lanputra, tokoh agama Ustadz Khairuddin Yusuf, Kepala Sekolah SMA Kebangsaan Hardiana Zali dan masyarakat sekitar.

Zulkifli mengatakan perubahan bangsa menuju kondisi yang diidam-idamkan bersama, bukan hanya dibidang perekonomian saja tapi juga suasana kondusif, aman dan tentram yang terjaga.

“Artinya, kehidupan berdemokrasi sesuai Pancasila berjalan lancar. Tidak ada lagi konflik akibat perbedaan suku, agama, ras dan pandangan politik,” katanya.

Untuk itu, Zulhasan berharap seluruh anak bangsa Indonesia memiliki kesadaran kolektif dan mulai bangkit mewujudkan sinergitas itu dari lingkungan yang paling sederhana yakni keluarga, lingkungan masyarakat, kerja, sekolah, lalu menuju lingkungan yang luas yakni kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pagelaran seni budaya qasidah ini adalah salah satu upaya harmonisasi hubungan antar masyarakat dan saya sangat apresiasi serta mendukung kegiatan ini,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Siti Fauziah menyampaikan bahwa penyelenggaraan PSB yang mengikuti protokol kesehatan ketat di masa pandemi Covid-19 ini adalah salah satu metode penyampaian Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan merupakan metode penyampaian yang efektif.

Selain itu, Fauziah bilang juga dimaksudkan untuk menjaga budaya daerah yang sangat beragam agar tidak punah.

Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR RI Siti Fauziah. Dok: Istimewa

“Jadi, seni ini karena merupakan tradisi luhur bahkan sudah sangat lekat dengan masyarakat Lampung Selatan. radisi budaya ini juga sangat pas dengan Empat Pilar MPR,” tutur Fauziah.

Fauziah mengatakan yang terpenting adalah dalam seni tersebut banyak sekali terkandung tuntunan dan pelajaran yang bisa kita ambil dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya, puluhan grup seni Islam itu ternyata sangat sempurna saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Artinya, agama dan nasionalisme seiring sejalan tak terpisahkan.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di tengah kesibukannya menyempatkan hadir dan mengapresiasi budaya daerah,” imbuhnya.

MPR, lanjut Fauziah, berharap agar kesenian ini terus dikembangkan dengan baik. Sebab, dalam seni budaya daerah bukan hanya hiburan semata. Tetapi, ada nilai-nilai yang bisa ditiru generasi muda bangsa.

Pagelaran Seni Budaya sendiri kemudian berlangsung lancar. Di awali dengan pertunjukan qasidah yang membawakan lagu-lagu Islami secara bergantian antar kelompok, dilanjut dengan ceramah agama.

“Yang menarik perhatian masyarakat adalah kelihaian para pemain qasidah yang kebanyakan kaum ibu dalam memainkan peralatan musik seperti rebana, kecrik dan tambourin dipadu dengan beragam warna dan desain pakaian seragam para pemain,” pungkas Siti Fauziah.

(dis/beritasampit.co.id)