Median Jalan Depan SPBU Dibongkar, Pemkab Rugi Ratusan Juta Rupiah?

TELAH DIBONGKAR : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Sebelumnya median jalan di depan SPBU dekat Bundaran Jelawat, Samekto itu dibangun, sekarang sudah dibongkar.

SAMPIT – Median jalan di depan SPBU Tjilik Riwut tepatnya dekat bundaran jelawat (dekat bandara) Jalan Samekto, Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim,), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dibongkar.

Pantauan Berita Sampit. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim sebelumnya telah merancang bahkan membangun median jalan mulai bundaran Tjilik Riwut (dekat stadion) menuju bundaran Jelawat (dekat bandara) dengan dana miliaran rupiah.

Ada tiga jalur median jalan yang dibangun. Tujuannya, untuk mengurai kemacetan mengingat jalan tersebut merupakan jalur padat kendaraan dan salah satu pintu masuk Kota Sampit.

BACA JUGA:   Petani Padi Keluhkan Harga Jual Pupuk Subsidi

Akan tetapi, selesai dibangun justru dibongkar kembali. Lokasinya tepat di depan SPBU. Panjangnya median jalan yang dibongkar kurang lebih 50 meter. Pembongkaran median jalan itu dilakukan, Minggu 29 November 2020, sore.

“Nggak tau juga kenapa dibongkar lagi, mungkin supaya lebih mudah orang keluar masuk SPBU,” kata Wawan, salah satu warga yang ada disekitar bundaran.

Wawan menuturkan, yang melakukan pembongkaran median jalan hanya warga sipil tanpa diawasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotim.

Padahal, menurutnya, jalan tersebut dibangun Pemkab Kotim melalui Dinas PUPR Kotim sebagai kepanjangan tangan pemerintahan setempat.

BACA JUGA:   PT.KMB Regional Mentaya Area I Bantu Perbaiki Jalan Rusak Di Desa Luwuk Kowan

“Kalau dibongkar begitu saja itu sama saja merugikan negara, kalau dinilai dengan uang berarti pemda mengalami kerugian ratusan juta rupiah,” kata Wawan.

Terpisah, Plt Camat Baamang Paliansyah saat dikonfirmasi menegaskan, tidak ada pemberitahuan maupun informasi terkait median jalan di depan SPBU dekat bundaran Samekto itu akan dibongkar.

“Nah, nggak tau, nggak ada informasi maupun surat yang masuk ke kantor Kecamatan Baamang pemberitahuan bahwa akan ada pembongkaran median jalan depan SPBU,” ujar Paliansyah selaku pemimpin wilayah Baamang ini.

(ifin/beritasampit.co.id)